Beberapa Cara Untuk Mengganti Kusen yang Dimakan Rayap

shares |

AMIMAZDA.COM - Beberapa Cara Untuk Mengganti Kusen yang Dimakan Rayap, Kusen pada pintu ataupun jendela yang keropos akibat di gerogoti oleh rayap haruslah cepat untuk diganti sebelum kerusakannya mentebar pada bagian lain dari rumah yang memakai bahan dari kayu. Jika anda menggunakan jasa anti rayap , kusen anda tidak akan bisa kembali seperti semula. Untuk menggantinya bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena apabila salah dalam menggantinya akan mempengaruhi konstruksi kusen rumah anda. Mengganti kusen, daun pintu atau jendela dapat dilakukan, misalnya dengan menggantinya dengan yang baru, atau bisa juga dilakukan dengan cara mengganti kusen lama saja atau juga bisa dengan mengganti daun pintu atau jendelanya saja tanpa mengganti kusen yang lama.

Beberapa Cara Untuk Mengganti Kusen yang Dimakan Rayap

Namun untuk mengetahui perbaikan apa saja yang harus dilakukan, akan lebih baik untuk dilihat terlebih dahulu seberapa besar kerusakan yang terjadi. Apakah yang rusak ternyata hanya kusennya saja, daunnya saja, atau kedua-duanya? Anda juga harus memperhatikan bagian mana balok yang keropos dan berapa banyak balok yang harus diganti.

Apabila hanya kusennya saja yang keropos, untuk memperbaikinya cukup mudah, yaitu dengan memotong kusen yang keropos dan menggantinya dengan balok yang seukuran dengan kusen yang telah dipotong. Hal ini bisa dilakukan tanpa harus melepas kusen dari dinding. Cara ini hanya bisa dilakukan apabila balok kayu yang keropos, namun ingat, kayu yang dipotong tidak persis dibagian yang keropos, namun dilebihkan sekitar 5 cm. Untu kayu pengganti, pilihlah kayu yang bagus lalu potong sesuai kebutuhan. Setelah itu potongan kayu dapat dipasang di kusen lama kemudian dipaku, setelah itu bagian ini di-finishing agar terlihat rapi.

Apabila yang keropos adalah satu batang balok dari kusen, maka balok yang telah rusak harus diganti seluruhnya. Namun mengganti satu batang balok tidaklah sesederhana seperti memotong sebagian dari balok. Oleh karena itu untuk melakukannya, balok yang telah keropos dan angkurnya harus dikeluarkan dari kusen itu. Kemudian dipasang balok baru, lengkap dengan angkurnya. Setelah itu, dinding yang berbatasan langsung dengan balok kusen di rapikan kembali dengan menggunakan adukan semen. Akan tetapi cara ini hanya dapat digunakan jika besarnya balok yang harus diganti tidak melebihi 25% dari keseluruhan kusen. Apabila balok yang rusak sudah lebih dari 25% lebih baik kusen diganti semuanya.

Apabila kondisi kusennya masih baik akan tetapi daunnya sudah rusak, bisa kita diatasi dengan cara mengganti daunnya saja dengan ukuran yang sama dengan kusen yang lama. Akan tetapi apabila kusen yang rusak sudah lebih dari 25% namun daunnya masih dalam kondisi bagus, berarti kusennya memang harus diganti. Akan tetapi, untuk mengganti model kusen, maka itu berarti mengganti model daunnya juga. Intinya, penggantian pada model kusen pintu ataupun jendela sesungguhnya dapat dilakukan dengan cara mengusahakan seminimal mungkin mengganti material yang sudah ada, sehingga akan meminimalkan pengeluaran.

Walaupun balok kusen yang rusak hanya 20% dari keseluruhan panjang balok, maka akan lebih baik apabila balok kusen diganti langsung satu batang. Hal ini untuk memastikan agar rayap benar-benar sudah hilang dari gelagar tersebut, selain itu juga untuk memastikan kusen tetap utuh dan kuat. Mengubah ukuran kusen Boleh-boleh saja, namun konsekuensinya kan mengubah daun dan juga teralisnya. Jadi dana yang harus dikeluarkan juga cukup besar. Oleh karena itu apabila ingin merencanakan kusen baru, maka perlu diperhatikan ukuran dinding, fungsi, dan ukuran ruang yang akan dipasangi kusen baru.

Sangat disarankan agar pintu ataupun jendela yang baru dapat menyatu dengan elemen arsitektural, yaitu dengan memperhatikan aspek fisika dari bangunan. Untuk pintu atau jendela yang berbentuk bukaan dapat diubah dengan menyesuaikan keinginan, contohnya pintu bukaan yang menggunakan engsel 180ยบ bisa diganti dengan sliding door dan jendela yang memakai engsel di atas dapat diganti dengan engsel samping atau bawah, dengan tetap memperhatikan dari sirkulasi udara. Apabila yang diubah ukuran maupun bentuknya adalah kusen, maka akan dapat lebih fleksibel untuk merencanakannya,namun harus tetap memperhatikan ukuran dari dinding yang akan diletakkan pintu atau jendela. Pastikan terlebih dahulu ukuran dinding sebelum merencanakan pintu atau jendela ukurannya ukurannya pas. Apabila anda melihat kusen yang keropos karena di makan rayap, anda tidak perlu panik, sebab ada beberapa solusi yang bisa digunakan untuk disesuaikan dengan dana yang anda miliki. Anda bisa memilih perbaikan yang bersifat sementara ataupun permanen
Loading...

Related Posts