Ahok Jamin Reklamasi Teluk Jakarta Tak Berdampak Negatif

shares |

Ahok Jamin Reklamasi Teluk Jakarta Tak Berdampak Negatif

AMIMAZDA.COM - Ahok Jamin Reklamasi Teluk Jakarta Tak Berdampak Negatif, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan tegas mengatakan proyek reklamasi Teluk Jakarta yang membentuk 17 pulau akan tetap dilanjutkan. Ia menilai proyek reklamasi tidak akan menimbulkan dampak negatif terhadap warga yang tinggal di pesisir Utara Jakarta.

"Warga pesisir justru akan mendapatkan dampak positif kok dari reklamasi tersebut. Apalagi, proyek ini akan menambah luas lahan di Jakarta. Dan Pemprov DKI akan langsung mendapatkan tanah yang bersertifikat seluas 51 hektare," kata Ahok sebagaimana dalam siaran pers yang diterima SP, Sabtu (26/3).

Menurut Ahok, dengan pertumbuhan penduduk yang demikian tinggi tentu DKI Jakarta membutuhkan lahan tambahan yang cukup luas untuk mendukung kegiatan warganya. “Jika tanpa reklamasi akan sulit kebutuhan tersebut dipenuhi,” kata Ahok.

Sementara itu nelayan Muara Angke, Bani menyatakan, tetap mendukung program Pemprov DKI untuk melakukan reklamasi Teluk Jakarta. Beberapa hari lalu sekitar 300 dari mereka mendatangi PTUN DKI Jakarta untuk menyampaikan dukungannya agar hakim tak terpengaruh dalam mengambil keputusan.

"Selama ini hasil tangkapan kami tidak terpengaruh kok dengan adanya reklamasi. Sebab kami mencari ikan agak ke tengah laut. Sedangkan reklamasi dilakukan di pinggir pantai,” kata Bani salah seorang nelayan Muara Angke yang sempat diminta menjadi saksi di PTUN DKI Jakarta.

Dia juga mengaku tidak pernah menemui kendala apa pun dan tetap bisa melaut serta menangkap ikan seperti biasa. Karena itu dia merasa heran adanya penolakan yang berlebihan atas kegiatan reklamasi.

Nelayan lainnya, Sulaiman bahkan mengaku yakin Pemda DKI Jakarta sudah melakukan kajian mendalam yang melibatkan sejumlah pakar di bidang masing-masing. Jadi tidak mungkin reklamasi untuk menyengsarakan mereka.

Menurut Sulaiman saat ini banyak anak-anak nelayan yang tidak lagi tertarik melaut. Tentunya mereka membutuhkan alternatif pekerjaan lain yang ternyata bisa disediakan di lingkungan pulau buatan yang peruntukannya antara lain untuk permukiman, pusat bisnis dan perkantoran. Pulau buatan pun menurutnya akan membantu pemerintah mengurangi pengangguran di Jakarta.

sumber: Siprianus Edi Hardum/EHD/beritasatu.com
Loading...

Related Posts