Ahok: Yang Saya Ingin Gusur Bukan Masjid Keramat Luar Batang, Jadi Yusril tidak Usah Fitnah!

shares |

Ahok: Yang Saya Ingin Gusur Bukan Masjid Keramat Luar Batang, Jadi Yusril tidak Usah Fitnah!

AMIMAZDA.COM - Ahok: Yang Saya Ingin Gusur Bukan Masjid Keramat Luar Batang, Jadi Yusril tidak Usah Fitnah, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membantah ingin meratakan bangunan Masjid Keramat Luar Batang yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara.

Ahok membenarkan pihaknya akan melakukan penertiban di permukiman yang ada di Kramat Luar Batang.

Namun, dia membantah kalau masjid yang ada di sana juga akan diratakan.

Hal itu sekaligus mematahkan pernyataan yang diungkapkan Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra.

Ahok mengatakan apa yang diucapkan Yusril, bahwa pihaknya ingin menggusur Masjid Luar Batang tidak benar.

"Yang saya ingin gusur bukan itu. Jadi Yusril tidak usah fitnah," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (28/3/2016).

Sebelumnya, Yusril yang juga Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 membela warga Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Dia ditunjuk oleh warga sebagai kuasa hukum.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang itu bersedia mendampingi 5.000 warga karena adanya persoalan sensitif terkait makam keramat yang diketahui adalah makam Al Habib Husein.

"Ini kan sering digunakan untuk berbagai ritual keagamaan dan itu kita hormati masyarakat Islam tradisional," ujar Yusril dalam konferensi pers di Kopi Bangi, Pasar Minggu, Sabtu (26/3/2016).

Menurut informasi yang dihimpun, Masjid Luar Batang merupakan masjid yang dibangun pada 1732 oleh Al Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al 'Aydrus.

Luar Batang sebenarnya julukan bagi sang habib. Cerita turun-temurun menyebutkan, ketika ia wafat (1756), Belanda melarang jenazahnya dimakamkan di daerah itu.

Hanya, ketika diusung dengan kurung batang (keranda dari bambu), para pengikutnya menemukan jenazah Habib Husein tak ikut serta. Sebaliknya, jenazah malah didapati kembali ke kediamannya, tak jauh dari masjid.
Loading...

Related Posts