Cerita kedekatan keluarga Gus Dur dengan Ahok

shares |

AMIMAZDA.COM - Cerita kedekatan keluarga Gus Dur dengan Ahok, Presiden Indonesia ke-3 Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur adalah sosok idola Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Hampir setiap perayaan Haul Gus Dur, Ahok selalu hadir. Bahkan dia tak segan mengungkapkan kekagumannya pada sosok Gus Dur.

Cerita kedekatan keluarga Gus Dur dengan Ahok


Belum lepas dari ingatan kita ketika Ahok menyebut Gus Dur sebagai dewa bagi masyarakat Tionghoa saat meresmikan patung masa kecil Gus Dir di Taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat, tahun lalu.

Bukan tanpa alasan Ahok mengucapkan itu. Semangat pluralisme yang dijunjung Gus Dur membuat masyarakat Tionghoa berterima kasih. 

"Saya rasa kalau orang Tionghoa menganggap Gus Dur itu seperti Ceng Ho, kayak dewa," kata Ahok saat itu.

Kenangan Ahok terhadap Gus Dur bukan hanya itu. Dia juga masih ingat ketika Gus Dur mendukungnya menjadi Gubernur DKI Jakarta tanpa melihat latar belakang Ahok sebagai masyarakat Tionghoa.

Kisah itu diutarakan Ahok saat peringatan Haul ke-4 Gus Dur. 

"Muhaimin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar) sempat bilang 'jangan ngarep Gus Dur mau kampanye buat kamu'," kata Ahok menirukan Cak Imin. 

Mendengar hal itu, Ahok langsung menghubungi Gus Dur. Dan ternyata Gus Dur mau jadi juru kampanye. "Saya langsung ngomong ke Gus Dur, 'ya saya mau kampanye buat kamu'," terangnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku sangat terinspirasi sosok Gus Dur. Bahkan dia menganggap punya kesamaan dengan Gus Dur dalam hal gaya bicara yang ceplas ceplos dan apa adanya meski terkadang tidak disukai banyak orang.

Keluarga Gus Dur pun seolah memiliki kedekatan dengan Ahok. putri Gus Dur, Yenny Zannuba Arifah Chafsoh Rahman atau dikenal Yenny Wahid kerap memuji kinerja, keberanian dan ketegasan orang nomor satu di DKI Jakarta ini. 

"Sekarang gubernurnya sudah selon, bukan jawara, lagaknya melebihi jawara, tapi niatnya baik untuk perbaikan masyarakat, makmur sejahtera," kata Yenny saat menghadiri peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Rusun Pesakih, Duri Kosambi, Jakarta Barat, kemarin.

Yenny seolah melihat sosok ayahnya pada diri Ahok.

Diakuinya, Ahok punya kemiripan dengan Gus Dur mulai dari gaya bicara yang ceplas ceplos hingga keberaniannya. 

"Pak Ahok juga banyak ngomong (ceplas-ceplos). Dia pemberani, dia politikus anti korupsi demi memberikan pelayanan publik. Dia tegas menegakkan konstitusi. Tegas menegakkan aturan sama seperti Gus Dur," kata Yenny.

Karena itu keluarga Gus Dur tak segan memberikan penghargaan Gus Dur Award untuk kategori tokoh politik dan pemerintahan kepada suami Veronica ini. Ahok disanjung karena ketegasan dan keberanian, sikap yang selaras dengan salah satu nilai Gus Dur tentang gaya ksatria.

Kenapa orang ini terpilih? Karena dia pemberani dan tegas. Dia sosok pejuang anti korupsi yang selalu mengupayakan pelayanan publik yang baik. Ahok juga tegas kepada pengusaha yang tamak, jelasnya.

Meski memuji Ahok setinggi langit, Yenny tetap mengingatkan Ahok agar tidak kebablasan. Tapi, sayangnya dia (Ahok) bukan Gus Dur, jadi kita harus ingatkan untuk sedikit ngerem karena kita sayang dia, katanya. (merdeka)
Loading...

Related Posts