Dukungan Tiga Partai Besar ke Yusril Disebut Hanya Klaim

shares |

Dukungan Tiga Partai Besar ke Yusril Disebut Hanya Klaim

AMIMAZDA.COM - Dukungan Tiga Partai Besar ke Yusril Disebut Hanya Klaim, Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti mengatakan, dukungan tiga partai besar terhadap Yusril Ihza Mahendra hanya klaim dari bakal calon gubernur tersebut.

Sebab, hingga kini, belum ada partai yang menyatakan dukungannya kepada Yusril secara langsung.

"Namanya klaim, jadi kita tunggu saja sebenarnya berapa banyak partai karena belum ada satu pun yang nyata-nyatanya deklarasi dukungan kepada si A, si B, si C," kata Ray saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Minggu (27/3/2016).

Yusril sebelumnya percaya diri akan didukung tiga partai besar, di antaranya Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Golkar.

Mantan Menteri Kehakiman dan HAM ini telah mendekati pimpinan ketiga partai tersebut.

Yusril juga mengatakan, jumlah kursi di DPRD dari partai-partai yang mendukungnya itu hampir memenuhi syarat minimal untuk mengusung seorang calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.


Meskipun demikian, menurut Ray, masing-masing partai memiliki sistem seleksi bakal calon yang akan mereka usung dalam pilkada.

Ia mencontohkan Partai Gerindra yang mewajibkan kandidat calon gubernur mereka untuk mengikuti proses penjaringan internal.

Hingga kini, Yusril diketahui belum mendaftar untuk ikut penjaringan Gerindra.

"Kalau PDI-P (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) juga rasanya begitu. Dia membuka konvensi kecil-kecilan," kata Ray.

Kendati demikian, menurut Ray, saat ini Yusril merupakan bakal calon gubernur paling kuat yang berpotensi melawan bakal calon gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Apalagi kalau kemudian kekuatan partai yang bernapaskan Islam merujuk kepada dia (Yusril), jadi dukungan kepada dia akan besar," kata Ray.

sumber: Kahfi Dirga Cahya/kompas.com
Loading...

Related Posts