Fahri Hamzah: Ahok Seolah-olah Tidak Butuh Parpol Padahal Lompat-lompat Partai

shares |

AMIMAZDA.COM - Fahri Hamzah: Ahok Seolah-olah Tidak Butuh Parpol Padahal Lompat-lompat Partai, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai pemerintah tidak akan mempersulit masuknya calon independen di Pilkada.

Fahri Hamzah: Ahok Seolah-olah Tidak Butuh Parpol Padahal Lompat-lompat Partai


Tetapi, ia yakin pemerintah tidak dapat membiarkan tumbuhnya iklim meremehkan partai politik.

"Masa depan demokrasi Indonesia itu parpol, tidak ada negara demokratis di dunia ini yang bisa tumbuh tanpa parpol. Parpol itu mutlak di dalam tradisi demokrasi. Tidak boleh juga ada semangat anti parpol dan menganggap remeh parpol. Itu cara berpikir keliru," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Ia mengakui adanya kekuatan yang sedang mengkampanyekan anti parpol yang disaat bersamaan mencoba mengajukan calon independen.

Menurutnya, cara berpikir tersebut harus digugat.

Pasalnya, Fahri mengatakan banyak orang baik yang berasal dari partai politik.

" Pak Jokowi itu produk parpol. Di Solo saat menjadi walikota, di Jakarta jadi Gubernur tidak selesai. Waktu jadi presiden juga semua karya parpol," kata Politikus PKS itu.

Begitu pula, lanjut Fahri, dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Meskipun, Ahok sering berpindah partai mulai dari PIB, Golkar kemudian didukung Gerindra sebelum memilih jalur independen di Pilkada 2013.

"Tidak boleh kemudian seolah-olah dia (Ahok) enggak perlu partai, padahal dia lompat dari partai ke partai, jadi ini ironi yang tidak boleh terus dibiarkan, sekali lagi masa depan masa depan dari Indonesia, demokrasi itu ada pada parpol. Kekuatan individiual itu ada tapi toh kenyataannya dia dibesarkan parpol," ujarnya.

sumber: Ferdinand Waskita/tribunnews.com
Loading...

Related Posts