Inilah 5 Pengemis Kaya Raya di Indonesia yang Sempat Bikin Heboh

shares |

Inilah 5 Pengemis Kaya Raya di Indonesia yang Sempat Bikin Heboh

AMIMAZDA.COM - Inilah 5 Pengemis Kaya Raya di Indonesia yang Sempat Bikin Heboh, Pengemis yang berpakaian compang-camping, ada yang berjalan terseok-seok karena cacat membuat orang merasa iba.

Namun sayangnya, rasa simpati itu disalahgunakan oleh orang yang sebenarnya sehat, tetapi tak mau bekerja keras sehingga lebih memilih menadahkan tangan di jalanan.

Pekan ini, Indonesia dihebohkan dengan terjaringnya pengemis berusia muda yang mengantongi uang mencapai Rp 300.000. Saat digeledah, ternyata ia memiliki rekening di sebuah koperasi dengan nilai saldo sekitar Rp 19 juta.

Selain pemuda tersebut, masih ada sederet pengemis lain yang ternyata jauh lebih kaya daripada buruh yang memiliki gaji sesuai UMK. Siapa saja mereka?

1. Cahyono, 26 tahun
Lelaki yang tergolong masih muda ini mengaku terpaksa mengemis untuk membantu ibunya. Ia mengaku memiliki cacat di tubuh sehingga sering kali ditolak saat melamar pekerjaan.

Warga Sumanding, Kota Banjar ini membuat Sat pol PP yang menjaringnya geleng-geleng kepala.

Bagaimana tidak, di kantong plastik kumalnya tersimpan uang sekitar Rp 300.000 dan memiliki tabungan mencapai Rp 19 juta di sebuah koperasi.

Ia mengaku bila uang tersebut merupakan hasil mengemis selama dua bulan. Terkadang, dalam sehari mampu memperoleh Rp 700.000.

2. Siswari di Semarang
Apa yang dibawa pengemis dan pengamen yang terjaring di Kota Semarang ini jauh lebih mencengangkan.

Siswari Sri Wahyuningsih (51) kedapatan memiliki uang deposito sebesar Rp 140 juta dan uang tabungan di bank senilai Rp 16 juta.

Saat dijaring, ia pun membawa uang tunai mencapai Rp 400.000, serta tiga surat BPKB kendaraan roda dua.

Bahkan, sertifikat tanah seluas 105 meter persegi pun turut dibawa. Ia memiliki tiga anak dan kesemuanya dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Menurut pengakuan Siswari, uang sebanyak itu berasal dari penjualan tanah.

3. Walang bin Kilon dan Sa'aran bin Satiman
Pemberitaan mengenai Walang dan Sa'aran sempat heboh beberapa tahun lalu.
Saat terjaring di perempatan Pancoran oleh petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, mereka kedapatan membawa uang Rp 25 juta.

Menurut Walang, uang itu merupakan hasilnya berjualan sapi, bukannya dari mengemis.

Walang mengatakan, dirinya berjualan sapi di kampung. Bila musim sedang bagus, ia juga menyewa tanah untuk menanam padi. Pengemis asal Subang, Jawa Barat itu membawa uangnya ke Jakarta karena takut dicuri anaknya.

Sedangkan uang hasil mengemis hanya sekitar Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per hari.

4. Kakek badut Winnie the Pooh
Kakek Suaedi yang berusia 75 tahun mengenakan kostum badut Winnie the Pooh untuk menarik simpati orang-orang yang tak tahu identitas aslinya.

Ia juga mengaku hidup sebatang kara dan menderita stroke.

Dengan berpura-pura seperti itu, ia dapat meraup Rp 500.000 per hari.

Lelaki yang mengaku beristri tujuh ini menggunakan uang hasil meminta-minta untuk membeli rumah, membeli motor Yamaha Vixion dan motor matik.

Ia terjaring petugas saat beraksi di depan sebuah mall di daerah Sidoarjo pada Juni tahun 2015 lalu.

5. Pengemis Aceh gunakan emas hasil mengemis untuk mahar menikah
Petugas Sat Pol PP di Banda Aceh menemukan sesuatu yang unik milik pengemis yang mereka jaring. Mereka memiliki emas, paspor dan juga ringgit Malaysia.

Salah satu pengemis mengaku, emas yang ia dapat dari mengemis itu akan digunakan untuk mahar menikah.
Sedangkan yang memiliki uang ringgit mengaku akan pergi ke Malaysia, tetapi tak memiliki uang sehingga mengemis terlebih dahulu. 

(Malvyandie Haryadi/tribunnews.com)
Loading...

Related Posts