KPU: Kami Usulkan Syarat Calon Independen Diturunkan, kok Malah Kebalik?

shares |

AMIMAZDA.COM - KPU: Kami Usulkan Syarat Calon Independen Diturunkan, kok Malah Kebalik?, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghormati wacana Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang hendak memperberat syarat bagi calon independen untuk maju di pemilihan kepala daerah. 

KPU: Kami Usulkan Syarat Calon Independen Diturunkan, kok Malah Kebalik?


Namun, KPU berpandangan, syarat untuk mengusung calon independen seharusnya justru dipermudah. (Baca: Beginilah Cara LICIK Anggota DPR untuk Menjegal AHOK Maju di PILGUB 2017)

"KPU sebelumnya sudah usulkan justru jumlah minimum dukungan KTP itu diturunkan. Ini kok terbalik," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay sebelum rapat dengan Komisi II DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/3/2016). 

Hadar menyadari Mahkamah Konstitusi sebenarnya sudah menurunkan syarat dukungan KTP, dari yang semula 6,5-10 persen dari jumlah penduduk menjadi jumlah daftar pemilih tetap pemilu sebelumnya. 

Namun, KPU memandang syarat tersebut masih cukup berat. KPU menyarankan agar syarat bagi calon independen diturunkan menjadi 3-6 persen dari jumlah pemilih. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun Tahun 2008. 

"Kami usulkan kembali saja ke UU sebelumnya itu. Kita butuh ruang yang cukup untuk dapatkan pasangan calon. Kami berharap tak perlu lah terlalu tinggi syaratnya," ujar Hadar.

Ihsanuddin/kompas.com
Loading...

Related Posts