Ngak Dilirik Gerindra, Yusril Akan Daftar Penjaringan Cagub DKI Dari Gerindra

shares |

Ngak Dilirik Gerindra, Yusril Akan Daftar Penjaringan Cagub DKI Dari Gerindra

AMIMAZDA.COM - Ngak Dilirik Gerindra, Yusril Akan Daftar Penjaringan Cagub DKI Dari Gerindra, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB)Yusril Ihza Mahendra akan mendaftar dalam bursa penjaringan bakal calon gubernur DKI dari Partai Gerindra. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Penjaringan Cagub DKI dari Partai Gerindra Syarif. 

"Pak Yusril katanya mau mendaftar ikut penjaringan Gerindra. Hari Kamis (31/3/2016) besok, ada rencana mau ngambil formulir," kata Syarif, saat dihubungi wartawan, Selasa (29/3/2016). 

Awalnya, ada delapan nama yang masuk dalam bursa penjaringan bakal cagub Gerindra. Namun karena Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mundur dari bursa tersebut, tersisa tujuh bakal calon gubernur. 

Ketujuh nama itu di adalah pengusaha Sandiaga Uno, anggota DPRD DKI Mohamad Sanusi, anggota DPR RI Biem Benjamin, Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekretaris Daerah Saefullah, dan mantan Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. 

"Nah kalau Pak Yusril mau ikut penjaringan ya jadi delapan nama lagi," kata Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta tersebut. (Baca: Yusril 'Pede' Tiga Parpol Ini Serius Usungnya Jadi DKI 1)

Rencananya, delapan nama itu akan dikerucutkan menjadi lima nama pada 23 April 2016 mendatang. Kemudian, pengerucutan kembali dilakukan menjadi tiga nama pada Juni 2016. 

"Pertengahan Juni baru kami serahkan tiga nama itu kepada DPP Gerindra," kata Syarif. 

Nantinya, DPP Partai Gerindra yang akan melakukan uji kelayakan dan uji kepatutan terhadap bakal cagub tersebut. Kemudian, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memiliki hak memilih bakal calon gubernur untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. 

Adapun Partai Gerindra memiliki sebanyak 15 kursi di DPRD DKI Jakarta. Mereka harus berkoalisi dengan parpol lain jika ingin mengusung cagub dan cawagub. Sebab syarat parpol mengusung cagub cawagub memiliki minimal 22 kursi di DPRD DKI Jakarta.

sumber: Kurnia Sari Aziza/kompas.com
Loading...

Related Posts