PDIP Minta Rp150 Juta Pada Bakal Calon Bupati Brebes

shares |

PDIP Minta Rp150 Juta Pada Bakal Calon Bupati Brebes

AMIMAZDA.COM - Para peserta penjaringan calon bupati Brebes pada Pilkada Serentak 2017 melalui Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ditarik iuran Rp150 juta. Pungutan tersebut untuk membiayai survei Pilkada Kabupaten Brebes 2017.

“Itu untuk dana survei elaktabilitas masing-masing kandidat Bupati dan Wakil Bupati,” kata Mashadi, salah satu peserta penjaringan saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin (28/3/2016).

Mashadi mengatakan, dana tersebut nantinya akan dikembalikan kepada kandidat yang mendapat rekomendasi dari DPP. Namun, karena dalam surat kesanggupan tidak ada klausul pengembalian, Mashadi ragu untuk menyetorkan sejumlah dana tersebut.

“Jadi saya tanda tangan, tapi ragu-ragu untuk setor,” ujarnya.

Dana sebesar Rp150 juta tersebut, menurut Mashadi harus ditransfer ke atas nama Emerentiana Yusi Utari Ekawati. Nama tersebut tercantum dalam lembar surat kesanggupan yang di sodorkan DPD PDI-P Provinsi Jateng.

“Saya tidak tahu apakah (dia) tim survei atau bukan. Tapi sah-sah saja karena DPD punya mekanisme,” kata Mashadi.

Mashadi mengatakan, sebaiknya survei dilakukan tim dari DPP, yang menentukan rekomendasi nama calon kepala daerah. Survei oleh DPD menurutnya bisa mempengaruhi objektivitas.

Petani asal Desa Pagejugan, Kecamatan/Kabupaten Brebes ini, Jumat, 19 Februari siang, mendaftarkan diri sebagai calon wakil bupati pada penjaringan PDIP Brebes. Dia datang berjalan kaki sambil membawa sapi miliknya.

Dengan mengenakan sandal jepit, Mashadi masuk ke kantor PDI Perjuangan di Jalan Taman Siswa Brebes. Didampingi istri dan puluhan pendukungnya, ia langsung diterima panitia dan mengisi formulir pendaftaran.

“Saya mencalonkan diri lantaran prihatin dengan nasib para petani Brebes yang nasibnya selalu terpuruk,” ujarnya.

Sementara peserta lainnya, Hilda Wibisono, mengaku tidak akan membayar pungutan tersebut karena terlalu besar dan memberatkan.

sumber: (SAN/metrotvnews.com)
Loading...

Related Posts