PKS Belum Pasti Usung Yusril di Pilkada DKI 2017

shares |

PKS Belum Pasti Usung Yusril di Pilkada DKI 2017

AMIMAZDA.COM - PKS Belum Pasti Usung Yusril di Pilkada DKI 2017, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Syakir Purnomo menegaskan, partainya belum menentukan sikap pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Termasuk mengusung maupun mendukung salah satu calon gubernur.

Sebelumnya, bakal calon gubernur DKI Yusril Ihza Mahendra meyakini tiga partai politik akan berkoalisi dan serius mengusungnya pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Tiga partai itu adalah PKS, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

"Sampai saat ini belum ada ketetapan final (usung Yusril di Pilkada DKI Jakarta 2017). PKS masih terus menjalin silaturahim dan komunikasi dengan para kandidat yang muncul di publik dan juga dengan partai-partai," kata Syakir, Sabtu (26/3/2016).

Partainya akan selalu terbuka dan menerima seluruh bakal calon gubernur yang menghadap. Syakir pun berterimakasih kepada Yusril yang sudah pernah bersilaturahmi dan melakukan komunikasi politik dengan PKS.

"PKS juga menghargai rencana Pak Yusril dan para balon gubernur maupun wagub lainnya yang akan turut serta dalam Pilgub DKI 2017. Agar dapat berkontribusi lebih maksimal dalam membangun Jakarta menjadi lebih baik lagi," kata Syakir.

Meski demikian, lanjut dia, tetap ada mekanisme partai yang dijalankan, sebelum partai berlambang padi dan bulan sabit memutuskan sikap mereka terkait Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Decision maker kandidat dan dengan partai apa saja PKS akan berkoalisi ada di Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP)," kata Syakir.

Ada pun PKS memiliki sebanyak 11 kursi di DPRD DKI Jakarta. PKS harus berkoalisi dengan partai politik lainnya jika ingin mengusung calon gubernur atau wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Sebab syarat minimal parpol dapat mengusung calon gubernur adalah memiliki 22 kursi di DPRD DKI Jakarta.

sumber: Kurnia Sari Aziza/kompas.com
Loading...

Related Posts