Rupiah Menuju Rp13.000/USD

shares |

AMIMAZDA.COM - Rupiah Menuju Rp13.000/USD, Pergerakan nilai tukar rupiah pada pembukaan perdagangan pagi ini terpantau terus menguat. Rupiah bahkan tampak bersiap menuju level Rp13.000 per USD.



Mengutip laman Bloomberg, Jumat, 4 Maret, rupiah dibuka menguat ke posisi Rp13.152 per USD jika dibandingkan dengan posisi sebelumnya yang berada di Rp13.232 per USD.

Rupiah mengalami penguatan sebesar 80 poin atau setara 0,60 persen dari posisi sebelumnya. Sementara rentang gerak rupiah pagi ini berada di posisi Rp13.152-Rp13.187 per USD.

Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah menguat sebesar 20 poin atau setara 0,15 persen ke posisi Rp13.160 per USD.

Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, membeberkan rupiah melanjutkan penguatan hingga Kamis sore sejalan dengan pelemahan dolar di Asia. Penguatan tersebut sejalan dengan penguatan IHSG serta SUN.

"Faktor global, kenaikan harga minyak serta pelemahan dolar index, berpeluang menjaga sentimen positif terhadap rupiah serta pasar keuangan Indonesia," ujar dia.

Adapun efek negatif dari inflasi Februari 2016 yang naik sepertinya mulai tertutupi oleh ekspektasi inflasi yang turun menyusul rencana Pertamina memangkas harga premium di April, dalam jangka panjang akan mendukung penguatan rupiah lebih lanjut. "Cadangan devisa ditunggu, kemungkinan bisa turun tipis," pungkas dia. (metrotvnews)
Loading...

Related Posts