Seusai Diperiksa KPK, Anggota DPR Budi Supriyanto Ditahan di Polres Jakpus

shares |

AMIMAZDA.COM - Seusai Diperiksa KPK, Anggota DPR Budi Supriyanto Ditahan di Polres Jakpus, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Fraksi Partai Golkar Budi Supriyanto akhirnya ditahan di ruang tahanan Polres Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2016). Budi ditahan setelah menjalani pemeriksan selama empat jam oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 


"Ditahan di rutan Polres Jakarta Pusat," ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Selasa malam. 

Budi dipanggil secara paksa oleh penyidik KPK setelah dua kali mangkir tanpa keterangan yang jelas. Penyidik menjemput Budi saat sedang berada di Rumah Sakit Muhammadiyah Roemani Semarang, Jawa Tengah. 

Didampingi penyidik, Budi tiba di Gedung KPK, Jakarta, pada pukul 16.00. Budi yang mengenakan jaket kulit hitam langsung menjalani pemeriksaan bersama penyidik KPK. 

Selesai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 20.00, Budi keluar dari Gedung KPK dengan mengenakan rompi tahanan KPK. Budi diduga menerima suap dalam proyek di Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat tahun anggaran 2016. (Baca: Seluru Pimpinan KPK Sepakat TIDAK ADA Unsur Korupsi di RS Sumber Waras)

Berdasarkan pemeriksaan saksi dan alat bukti,  Budi diduga menerima hadiah atau janji dari Chief Executive Officer PT Windhu Tunggal Utama (WTU) Abdul Khoir, agar PT WTU dapat pekerjaan di proyek Kementerian PUPR. 

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Budi sempat mengembalikan uang suap yang diterima sebesar 305.000 dollar Singapura. 

Namun, oleh Direktorat Gratifikasi KPK, pengembalian uang tersebut ditolak, karena terkait dengan tindak pidana yang sedang ditangani KPK. Selanjutnya, uang tersebut disita sebagai barang bukti.

 Abba Gabrillin/kompas.com
Loading...

Related Posts