Survei Ini Sebut "Wanita Emas" Lebih Disukai Dibanding Ahok

shares |

AMIMAZDA.COM - Survei Ini Sebut "Wanita Emas" Lebih Disukai Dibanding Ahok, Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing, merilis hasil survei bertajuk "Pertarungan Gubernur DKI Jakarta" yang dilakukan khusus terhadap pemilih perempuan di Jakarta, Minggu (13/3/2016) pagi. 

Survei Ini Sebut "Wanita Emas" Lebih Disukai Dibanding Ahok

Survei yang mengikutsertakan 400 pemilih perempuan sebagai responden itu menyebutkan, ada nama lain yang unggul jika maju dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2017 selain Basuki Tjahaja Purnama. 

"Nama Hasnaeni disukai 90 persen responden. Basuki hanya 63,23 persen, kemudian ada Ahmad Dhani 50,73 persen disukai," kata Emrus kepada pewarta. 

Dalam pertanyaan kategori siapa calon gubernur DKI Jakarta yang paling dikenal, sebanyak 100 persen dari responden mengatakan kenal dengan Basuki. Disusul dengan nama kedua yang disebut paling dikenal adalah Hasnaeni Moein yang akrab disapa wanita emas ini, dengan 97,75 persen dari responden. 

"Secara teori komunikasi, yang disukai belum tentu dipilih, dan yang tidak disukai belum tentu tidak dipilih," tutur Emrus. 

Dalam rilisnya, Emrus tidak menyebutkan berapa margin of error dan seberapa besar tingkat kepercayaan dari survei tersebut. 

Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan pertimbangan tertentu, yaitu perempuan yang memiliki hak pilih dalam pilpres 2014 lalu. 

Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan kuisioner pada 8-10 Maret 2016. 

Emrus juga tidak menyebutkan karakteristik responden secara rinci. Namun, rata-rata pendidikan responden disebut sebagian besar SMA, yaitu 32,5 persen responden, disusul SMP sebesar 30 persen dan SD 30,5 persen. 

Usia yang mendominasi responden adalah di atas 41 tahun, sebesar 50,75 persen, lalu usia 31-40 tahun 30 persen, dan usia 17-30 tahun 19,25 persen. 

Survei ini dirilis untuk menanggapi isu pilgub DKI Jakarta yang sedang hangat dibicarakan. 

Selain ada nama Hasnaeni yang menggungguli Ahok, Emrus juga mendapatkan jawaban sebagian besar responden yang mengaku masih percaya dengan partai politik dalam pilgub DKI Jakarta mendatang. (kompas.com)
Loading...

Related Posts