Temui Jokowi, Wakil Presiden Swiss Boyong 10 Perusahaan dan Delegasi Bisnis

shares |

Temui Jokowi, Wakil Presiden Swiss Boyong 10 Perusahaan dan Delegasi Bisnis

AMIMAZDA.COM - Jakarta: Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Swiss Doris Leuthard beserta rombongan di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu Doris memboyong 10 perusahaan dan delegasi bisnis yang bergerak di bidang industri dan ekonomi terbarukan.

"Dalam pertemuan upaya peningkatan untuk kerja sama ekonomi, karena dalam rombongan Wapres disertakan 10 perusahaan antara lain bergerak di bidang train-truck industry, civil ageation dan energy efficiency," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai mendampingi Presiden di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Retno menuturkan, saat ini terdapat 150 perusahaan Swiss yang sudah beroperasi di Indonesia. Dia mengatakan, perdagangan Indonesia dan Swiss terus meningkat dengan surplus berada di pihak Indonesia.

"Peningkatannya sangat signifikan dibandingkan tahun 2014 dan 2015," tambah dia.

Selain membahas kerja sama ekonomi, Indonesia juga sepakat melanjutkan perdagangan dengan European Free Trade Association (EFTA) yang terhenti sejak 3 tahun lalu. Tercatat, total perdagangan Indonesia dengan negara-negara kelompok kerja sama perdagangan Eropa itu pada 2013 sebesar US$1,091 miliar atau meningkat sebesar 18,42 persen dibandingkan tahun 2012.

"Juga dibahas mengenai langkah maju dalam EFTA. Perundingan Indonesia EFTA sejauh ini sudah berhenti atau tidak ada aktivitas selama 3 tahun. Kita sepakat lanjutkan negosiasi. Ini merupakan langkah maju signifikan untuk upaya kerja sama ekonomi," tutur Retno.

Retno menambahkan, Wapres Swiss bakal melakukan pertemuan dengan menteri bidang ekonomi dan segera menandatangani kerja sama dengan Menteri Perhubungan untuk memperbaharui Air Service Aggreement.

"Selain itu, Wapres Swiss juga mengundang Presiden RI berkunjung ke Swiss dan diharapkan tahun depan bisa berkunjung Swiss," kata dia.

Adapun delegasi yang mendampingi Wapres Swiss antara lain Roland Hausin, Yvonne Baumann, Jean-Christophe Füeg, Martine Rohn-Brossard, Sandra Rickenbacher-Läuchli, Dominique Bugnon, Daniel Derzic dan Steve Tharakan.

Sementara itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

sumber: (MBM/metrotvnews.com)
Loading...

Related Posts