Temui Presiden Jokowi, Putri Belgia Bawa 300 pengusaha

shares |

AMIMAZDA.COM - Temui Presiden Jokowi, Putri Belgia Bawa 300 pengusaha, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Delegasi Kerajaan Belgia yang dipimpin H.R.H Princess Astrid. Princess Astrid merupakan adik raja Philip dari Belgia. Kedatangan putri terhormat Belgia ini didampingi ratusan pengusaha.

Temui Presiden Jokowi, Putri Belgia Bawa 300 pengusaha

"Beliau (princess Astrid) hadir ke Indonesia dengan membawa lebih dari 300 pengusaha dari Belgia dari 127 perusahaan," kata Menlu Retno L.P Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (15/3).

Menlu Retno menjelaskan, kunjungan Princess Astrid ke Indonesia akan berlangsung cukup lama. Terhitung sejak tanggal 12 hingga 19 Maret 2016.

Dia menambahkan kunjungan kehormatan Belgia kali ini merupakan kunjungan bisnis terbesar yang pernah dilakukan. Hal ini, kata Menlu Retno diungkapkan langsung Princess Astrid saat bertemu Presiden Jokowi.

"Yang mereka katakan sebagai delegasi bisnis terbesar yang pernah dibawa," terang Menlu Retno.

Dalam kesempatan kunjungan kehormatan ini, Indonesia dengan Belgia sepakat memperkuat kerja sama ekonomi baik dalam bidang perdagangan maupun bidang investasi. Hal ini dilakukan karena Belgia merupakan mitra penting Indonesia di bidang perdagangan dan investasi.

Lebih lanjut, Menlu Retno menuturkan sejauh ini sudah sekitar 2000 perusahaan Belgia yang sudah beroperasi di Indonesia. Dengan demikian, Presiden Jokowi berharap ekonomi Indonesia semakin terbuka dan kompetitif.

Selain membahas tentang kerja sama ekonomi, antara Princess Astrid dengan Presiden Jokowi juga membahas rencana Indonesia akan menjadi tema dari pameran art and culture yang dinamakan Euro Falia di Belgia pada 2017 mendatang. Pameran serupa dengan tema Indonesia akan digelar di beberapa negara lain di Eropa. (Baca: Rupiah Menuju Rp13.000/USD)

"Jadi Euro Falia merupakan Pameran yang dilakukan dua tahun sekali yang pada 2015 yang menjadi tema adalah Turki dan untuk tahun 2017 Indonesia. Dan pameran akan berlangsung selama 4 bulan jadi ini adalah satu kolaborasi besar partisipasi sangat besar bagi Indonesia dan tentunya pemilihan Indonesia sebagai tema dari pameran 2017 menunjukkan betapa potret Indonesia di Belgia," paparnya.

Dari 300 pengusaha yang diboyong Princess Astrid ada 127 perusahaan yang ikut dalam kunjungan ini di antaranya bergerak di bidang konstruksi infrastruktur, energi, clean technology, ICT, food and baverage, financial service, transportasi, logistik, agroindistri, marketing, pendidikan.

[bim/merdeka.com]
Loading...

Related Posts