Yusril 'Pede' Tiga Parpol Ini Serius Usungnya Jadi DKI 1

shares |

Yusril 'Pede' Tiga Parpol Ini Serius Usungnya Jadi DKI 1
AMIMAZDA.COM - Selama memutuskan maju sebagai Bakal Calon Gubernur DKI, Yusril Ihza Mahendra rutin melaksanakan safari politik dari satu partai ke partai lainnya.

Yusril sendiri merupakan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB). Hanya saja, partainya tidak memiliki kursi di DPRD DKI. Kemudian partai politik mana yang paling serius mencalonkan Yusril pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017?

"Golkar, PKS (Partai Keadilan Sejahtera), dan Gerindra juga. Tiga partai yang sangat serius itu," ujar Yusril, di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2016).

Sementara partai lainnya masih akan melakukan negosiasi. Kata Yusril, PKS juga masih akan menempuh prosedur internal untuk memutuskan sikap mereka di Pilkada DKI 2017.

Ia menyadari, parpol membutuhkan mekanisme pencalonan dan ia berjanji akan sabar menunggu.

"Tapi mereka kan sudah melakukan survei juga. Partai itu prinsipnya hanya akan mendukung calon yang potensi menangnya besar, kalau (usung) orang yang mau kalah, ngapain didukung," kata Yusril.

Adapun Partai Gerindra memiliki 15 kursi di DPRD DKI. Sementara PKS memiliki 11 kursi dan Golkar memiliki 9 kursi. Jika ketiga partai berkoalisi, maka jumlahnya mencapai 35 kursi. Sehingga, bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI 2017.

Syarat minimal pencalonan gubernur dan wakil gubernur adalah memiliki 22 kursi di DPRD DKI.

SUMBER : Kurnia Sari Aziza/kompas.com
Loading...

Related Posts