Anggap Ahok Kini Beringas, PAN Minta Pin Demokrasi dari Amien Rais Dicopot

shares |

Anggap Ahok Kini Beringas, PAN Minta Pin Demokrasi dari Amien Rais Dicopot

AMIMAZDA.COM - Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Yohan meminta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok "mencopot" pin demokrasi yang pernah diberikan oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Dia mengatakan, pin tersebut memang diberikan Amien pada 2006. Namun, dia menilai, pin tersebut sudah tak pantas disematkan kepada Ahok karena kini sikapnya telah berubah.

"Kini, setelah Ahok berlaku beringas menculasi rakyat kecil, seperti di penggusuran kampung Luar Batang demi reklamasi, sematan demokrasi itu pun luntur di mata Pak Amien," kata Yohan dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/4/2016).

Menurut Yohan, Ahok kini bukan sosok pemimpin yang demokratis. Ia menganggap Ahok cumalah sosok diktator yang hari-harinya diwarnai amarah dan "pembegalan" hak rakyat.

Ahok, kata dia, tak lebih dari penguasa fasis, menjadikan pembangunan sebagai alat memberangus hak sipil rakyat kecil.

"Sadisnya, 'pembegalan' hak rakyat itu, dipertontonkan Ahok secara represif di ruang publik. Di mana demokrasinya?" kata Sekjen Barisan Muda PAN ini.

Menurut dia, berdasarkan definisi ilmu mana pun, demokrasi meletakkan rakyat sebagai perjuangan.

Definisi demokrasi yang paling fundamental adalah membela hak rakyat. Rakyat ada dalam pusaran definisi demokrasi.

"Bukan mencabut secara represif hak rakyat seperti yang dilakoni Ahok dalam aksi gusur-menggusurnya. Gaya kepemimpinan Ahok itu seperti mengubur hidup-hidup demokrasi," kata dia.

Amien Rais sebelumnya menilai, Ahok sangat arogan. Amien melihat Ahok sebagai sosok yang senang menantang berbagai pihak, bahkan terkesan meremehkan lembaga negara, termasuk Badan Pemeriksa Keuangan, terkait kasus RS Sumber Waras.

Amien menyatakan, Ahok tidak layak menjadi seorang pemimpin lantaran sikapnya yang kerap nyeleneh dan memicu timbulnya kontroversi.

"Ini bukan masalah SARA, tetapi dia memang tidak layak menjadi pimpinan. Jangankan presiden, gubernur saja bagi saya kurang pantas," kata Amien di Temanggung, Minggu (24/4/2016).

Menanggapi pernyataan Amien itu, Ahok menyinggung penghargaan yang diberikan mantan Ketua MPR itu kepadanya.

"Amien Rais gimana ya, (namanya) orang tua kita hargailah. Namun, saya ingatkan, Amien Rais tahun 2006 akhir, waktu saya jadi bupati, dia kasih saya penghargaan sebagai aktor demokrasi sesungguhnya. Saya dikasih pin sama Amien Rais," ujar Ahok.

Ahok juga masih ingat bahwa Amien pernah memberi pesan untuk menitipkan perjuangan demokrasi reformasi Indonesia kepada Ahok.

Ahok malah heran karena kini dia justru dianggap arogan oleh Amien. (Baca: Soal Amien Rais, Ahok: 'Saya Pernah Dikasih Pin, Mungkin Dia Sudah Tua jadi Pikun Kali')

"Dia ngomong sama saya, 'Saya titipkan perjuangan demokrasi reformasi Indonesia kepada kamu.' Saya dikasih pin, pakai emas lagi."

"Kamu ingatkan saja ke dia, mungkin dia sudah tua, pikun," ujar Ahok.

Ihsanuddin/Sandro Gatra/kompas.com
Loading...

Related Posts