Besok, Jokowi Resmikan Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur

shares |

Besok, Jokowi Resmikan Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur

AMIMAZDA.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jembatan Merah Putih, di Kota Ambon, Maluku, besok Senin (4/4/2016). 

Dalam peresmian tersebut, Jokowi akan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Jembatan Merah Putih membentang sepanjang 1.140 meter. Karena itu, ditahbiskan sebagai jembatan terpanjang di kawasan Indonesia Timur sekaligus ikon terbaru Kota Ambon. 

Infrastruktur yang berlokasi tepat di Teluk Dalam Pulau Ambon ini menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka), Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Desa Hative Kecil/Galala, Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 772,9 miliar, Jembatan Merah Putih dibangun untuk menunjang pengembangan fungsi kawasan Teluk Ambon sesuai dengan Tata Ruang Kota Ambon.

Tata Ruang Kota Ambon dimaksud, menempatkan Desa Rumah Tiga (Poka) sebagai kawasan pendidikan dan Durian Patah-Telaga Kodok sebagai kawasan Permukiman, serta menunjang sistem jaringan jalan yang telah ada khususnya pada Jazirah Leihitu.

Jembatan Merah Putih diharapkan dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari Kota Ambon menuju Bandara Pattimura dan sebaliknya, sehingga biaya operasional kendaraan dapat berkurang. 

Sebelum ada Jembatan Merah Putih, jarak Bandara Internasional Pattimura ke Kota Ambon yang berkisar 35 kilometer harus ditempuh selama 60 menit dengan memutari Teluk Ambon.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan kapal penyeberangan (ferry) antara Desa Rumah Tiga (Poka) dan Galala dengan waktu tempuh sekitar 20 menit, belum termasuk waktu antri. (Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Mendagri Hapus 3.000 Perda Bermasalah)

sumber: Hilda B Alexander/kompas.com
Loading...

Related Posts