Di Depan Ratusan Pengusaha, Jokowi Kenang Saat Sering ke Jerman Jual Mebel

shares |

Di Depan Ratusan Pengusaha, Jokowi Kenang Saat Sering ke Jerman Jual Mebel

AMIMAZDA.COM - Presiden Joko Widodo menghadiri forum bisnis di Berlin, Jerman, yang dihadiri sekitar 200 pengusaha Jerman. Jokowi mengawali sambutannya dengan mengenang saat dia sering menghadiri pameran meubel internasional di Jerman.

Pertemuan forum bisnis itu digelar di Ballroom Hotel Adlon Kempinski, Berlin, Jerman, Senin (18/4/2016). Hadir mendampingi Jokowi di depan forum yaitu Mendag Thomas Lembong dan Kepala BKPM Franky Sibarani.

Forum ini mempertemukan investor dan pemerintah kedua negara untuk membicarakan investasi jangka panjang. Kunjungan Presiden RI ke Jerman dibarengi dengan 42 delegasi pengusaha Indonesia dari berbagai bidang.

"Selama 15 tahun sebagai pengusaha furnitur dan eksportir furnitur, saya sering datang ke International Möbelmesse di Koelner," ucap Jokowi dalam bahasa Inggris.

Presiden Jokowi mengatakan 50 tahun yang lalu, Presiden John F Kennedy juga berdiri tidak jauh dari tempat ini dan berkata 'ich bin ein Berliner' atau saya orang Berlin. Ungkapan yang kemudian menjadi familiar di Berlin.

"Saya tidak akan mengatakan 'ich bin ein Berliner (saya orang Berlin) hari ini. Tapi saya pikir saya lebih nyaman mengatakan ich bin ein Koelner (saya orang Koelner)," lanjut Jokowi disusul tawa pengusaha.

Gaya Presiden Jokowi membuka forum bisnis itu membuat suasana pertemuan dengan para pengusaha Jerman berlangsung cair. Jokowi lalu mulai menjabarkan maksudnya tentang investasi di Indonesia.

Baca Juga: Bahas Investasi, Jokowi Gelar Pertemuan dengan 2 CEO di Jerman

Dia menyampaikan keinginan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Jerman. Bahwa di tengah berbagai tantangan ekonomi global, Indonesia menunjukkan ketahanan, bahkan pertumbuhan yang mengejutkan.

GDP Indonesia tumbuh mencapai 5,03% di kwartal ke-4 tahun 2015. Sementara berdasarkan data Asian Development Bank, minat untuk investasi di Indonesia saat ini berada pada titik tertinggi sepanjang sejarah.

"Ini artinya apa? Saya yakin Indonesia telah memiliki perekonomian yang stabil," ucap Jokowi.

Stabilitas ekonomi Indonesia, menurut Jokowi dapat dicapai karena pembangunan infrastruktur dan investasi sebagai dua mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia telah menunjukkan hasil dan terobosan yang nyata. Presiden juga meyakinkan kepada para pengusaha Jerman untuk dapat berinvestasi di Indonesia karena Presiden bertekad akan terus memperbaiki iklim investasi di Indonesia. 

"Saya akan terus mereformasi, saya akan terus menyederhanakan perizinan, saya akan membuat perekonomian Indonesia terbuka," tegas Jokowi.

Presiden Jokowi berada di Jerman selama satu hari ini setelah tiba malam tadi dari Jakarta. Jokowi lalu melanjutkan dengan agenda pertemuan bersama Presiden Jerman Joachim Gauck, dan bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel.

Usai dari Jerman, Presiden Jokowi akan terbang menuju London, Inggris selama dua hari, juga untuk sejumlah agenda dan pertemuan. Lalu dilanjutkan ke Belgia dan Belanda masing-masing selama satu hari.

Kunjungan keempat negara Eropa ini dilakukan Presiden untuk memenuhi undangan para pemimpin negara-negara Eropa. Tema kunjungan kerja kali ini adalah memperkuat kerjasama dengan Uni Eropa (UE) terutama di bidang ekonomi dan juga bersama-sama perkuat toleransi dan membangun perdamaian dunia. 
(miq/imk/detik.com)
Loading...

Related Posts