Diperiksa KPK Lagi, Kali ini M Taufik di Periksa Bersama Adiknya M Sanusi

shares |

Diperiksa KPK Lagi, Kali ini M Taufik di Periksa Bersama Adiknya M Sanusi

AMIMAZDA.COM - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik kembali menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemanggilan kali ini mengagendakan pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi raperda zonasi.

Kepada awak media di lobi KPK, kakak dari tersangka M Sanusi tersebut menuturkan, yang dipermasalahkan dewan dalam raperda itu adalah izin reklamasi.

"Perda itu perda tata ruang, bukan Perda izin. Nah kita enggak mau masukin," kata Taufik, Kamis (28/4).

Selain Taufik, KPK juga menghadirkan tersangka kasus korupsi raperda zonasi yang juga adik Taufik yakni M Sanusi. Dengan menggunakan rompi oranye bertuliskan Tahanan KPK, Sanusi tidak banyak memberi komentatr kepada awak media. (baca: KPK Dalami Keterlibatan M Taufik di Kasus Suap PT APL)

Sementara itu Pelaksana Harian Kepala Biro Hukum KPK, Yuyuk Andriati mengatakan, Taufik dan Sanusi diperiksa sebagai saksi dengan tersangka Ariesman Widjaja. "Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AWJ," kata Yuyuk.

Dalam kasus dugaan korupsi reklamasi pulau, KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi, Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja, dan Personal Assistant PT APL Trinanda Prihantoro.

Sanusi diduga menerima suap sebesar Rp 2 miliar dari PT APL terkait dengan pembahasan Raperda RWZP3K dan Raperda RTR Kawasan Pesisir Pantai Utara Jakarta oleh DPRD DKI. M. Sanusi dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Sedangkan Ariesman dan Trinanda selaku pemberi dikenakan Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 5 Ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Tipikor, jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.
Loading...

Related Posts