Indonesia Raup Rp 103,35 Miliar dalam Pameran Dagang di Mesir

shares |

Indonesia Raup Rp 103,35 Miliar dalam Pameran Dagang di Mesir

AMIMAZDA.COM - Indonesia Raup Rp 103,35 Miliar dalam Pameran Dagang di Mesir, Indonesia berhasil membukukan total transaksi 7,95 juta juta dolar AS atau setara Rp 103,35 miliar pada Pameran Dagang Internasional Kairo ke-49 atau The 49th Cairo International Fair (CIF), di Kairo, Mesir, sejak 16 Maret hingga 1 April 2016.

Total pembukuan  itu diperoleh dari tiga kategori transaksi produk yaitu pejualan ritel 9.170 dolar, penjualan langsung 929.200 dolar dan re-order  5.820.603 dolar, serta potensi order perhiasan permata dan perak di Alexandria sebesar 1,2 juta dolar.

“Transaksi produk meningkat sebesar 7.958.973 dolar atau naik 29,23 persen dibandingkan hasil transaksi produk tahun lalu sebesar  6.158.625 dolar,” kata Burman Rahman, Atase Perdagangan Kedutaan Besar RI (KBRI)  Kairo, Jumat (1/4/2016).

Wartawan harian Kompas  Musthafa Abd Rahman dari Kairo, melaporkan, keikutsertaan Indonesia pada CIF ke-49 tahun 2016 ini lebih difokuskan pada produk ekspor makanan dan minuman yang saat ini sangat dibutuhkan pasar Mesir.

Menurut Burhan, produk makanan dan minuman merupakan 83 persen dari total transaksi. Selain itu, produk ekspor utama dan potensial yang memiliki peluang pemasaran di Mesir juga ditampilkan.

Misalnya furnitur,  obat-obatan aromaterapi, popok, tisu basah bayi, perhiasan perak, lampu LED, sari minyak, peralatan kebersihan, produk kimia material kertas , kerajinan tangan, tenun, batik, garmen, mi istan, glas, dan perabot rumah.

Kepala Usaha Ad Interim KBRI Kairo, Meri Binsar Simorangkir,  menerangkan bahwa KBRI Kairo terus mendorong para pelaku usaha Indonesia untuk dapat melihat secara langsung potensi pasar Mesir dan sekitarnya.

Burman Rahman menyampaikan, 19 perusahaan dari Indonesia, dan tujuh dari agen perwakilan perusahaan Indonesia yang ada di Mesir telah memperkaya Paviliun Indonesia pada even pameran dagang ini dan pihaknya akan terus mencari pembeli-pembeli potensial.

“Kami tetap mengupayakan untuk memperkenalkan pembeli-pembeli potensial bagi eksibitor yang belum mendapatkan transaksi dagang dan yang saat ini sudah transaksi kami bantu informasi mengenai regulasi dan dokumen yang perlu disiapkan,” kata Burman dalam penutupan CIF di Kairo, Jumat  (1/4/2016).

“Pameran Dagang CIF merupakan salah satu alat meningkatkan akses pasar dan pengenalan diversifikasi produk ekspor Indonesia ke Mesir,” ujar Burman. 

CIF ke-49 ini dibuka oleh Perdana Menteri Mesir Sharif Ismail, Rabu (16/3/2016), diikuti sekitar 300 perusahaan dari 12 negara. 

sumber : Pascal S Bin Saju/kompas.com
Loading...

Related Posts