JK: Kalau Tidak Begitu, Bukan Ahok Namanya

shares |

JK: Kalau Tidak Begitu, Bukan Ahok Namanya

AMIMAZDA.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi santai pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang mempertanyakan dasar hukum untuk menghentikan proyek reklamasi di Teluk Jakarta.

Seperti diketahui, Wapres meminta proses reklamasi Teluk Jakarta dan pembangunannya dihentikan untuk sementara. Sebab, harus ada penataan peraturan sesuai undang-undang yang berlaku.

"Ya kalau tidak begitu, bukan Ahok (namanya)," ujar Kalla sembari tersenyum di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (18/4/2016).

Terkait penataan aturan, Kalla tidak menetapkan batas waktunya. Menurut dia, penataan aturan reklamasi merupakan kewenangan kementerian terkait, yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ia pun meminta agar KKP segera menyelesaikan berbagai perizinan secara bertahap.

"Ya tahap demi tahap diselesaikan. Yang boleh memenuhi syarat, boleh. Namun, kalau yang tidak memenuhi syarat, tidak boleh," kata Wapres.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama masih berat untuk menghentikan reklamasi. Bahkan, ketika imbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sekalipun, sikap Gubernur tak berubah.

"Kalau Pak JK minta dihentikan, saya bilang banyak juga yang minta dihentikan, (tetapi) dasar hukumnya mana?" ujar Ahok di Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Ahok mengatakan, jika Kalla mengiriminya surat imbauan resmi, dia mengaku akan mempelajari isi surat itu terlebih dahulu. Ahok bukan tanpa alasan membiarkan reklamasi terus berlanjut.

Dia mengaku khawatir, ada pihak-pihak yang menggugatnya menggunakan hal ini. Jika dia kalah, Pemprov DKI akan diwajibkan membayar

Yoga Sukmana/Fidel Ali/kompas.com
Loading...

Related Posts