Jokowi: Jalur Kereta Papua Dibangun Semester II Tahun Ini

shares |

Jokowi: Jalur Kereta Papua Dibangun Semester II Tahun Ini

AMIMAZDA.COM - Manokwari -Infrastruktur di daerah Indonesia timur, terutama Papua menjadi salah satu fokus program pembangunan Jokowi. Setelah pembangunan jalan raya, pelabuhan dan perbaikan beberapa bandara, tengah tahun ini akan mulai dibangun jalur kereta api yang membelah Bumi Cenderawasih itu.

"Insya Allah semester dua tahun ini. Dimulai entah dari Manokawari atau Sorong, kita lihat semester dua jalur kereta api di tanah Papua," kata Jokowi di Manokwari, Papua Barat, Selasa (5/4/2016).

Meskipun belum ditentukan akan dimulai dibangun di Sorong atau Manokwari, Presiden sudah bisa memastikan masyarakat Papua bisa segera menikmati layanan kereta api. Hal ini tentu akan menjadi sejarah tersendiri, ada kereta api di Papua.

Selain proyek pembangunan jalur kereta api, Jokowi juga masih punya beberapa proyek infrastruktur lain di Papua. Yang paling menonjol adalah pembangunan jalan raya dan pelabuhan.

"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa Pelabuhan Wasior adalah salah satu bagian dari program tol laut yang kita harapkan akan mempersatukan kita dari Aceh sampai tanah Papua. Selain itu juga selesai dibangun di 2016 ada 27 pelabuhan laut termasuk salah satu di sini dan nanti ada dalam proses multiyear masih ada 68-an," jelas Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan kepada Menteri Perhubungan untuk membangun bandara-bandara tambahan di Papua. Perbaikan dan perpanjangan runway di beberapa bandara di Papua juga menjadi instruksi khusus Presiden.

"Bandara dibangun dimulai dengan runway yang panjang tapi tugasnya Pak Gubernur dan Pak Bupati menyiapkan lahan dan tahun depan airportnya dibangun biar pesawat gede bisa turun. Masa runwaynya hanya pendek," tegas Jokowi. (Baca juga: Jokowi Resmikan Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur)

sumber: (kha/hns/detik.com)
Loading...

Related Posts