Jokowi: Jangan mentang-mentang Bupati baru, mobilnya baru juga

shares |

Jokowi: Jangan mentang-mentang Bupati baru, mobilnya baru juga

AMIMAZDA.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan, kepala daerah harus merubah paradigma terkait pengolahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Anggaran harus dialokasikan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran.

"Belanja modal tidak perlu diperbesar, yang tidak perlu tidak usah dibeli. Seperti beli mobil, kalau mobilnya masih bagus kita pakai dulu lah, jangan mentang-mentang bupati baru, wakil bupati baru, mobilnya baru juga," kata Jokowi dalam Rapat Kerja Gubernur Seluruh Indonesia serta Wakil Gubernur, Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak 2015 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (8/4).

Setiap pengalokasian anggaran, Jokowi juga meminta kepala daerah tidak memberikan tanggung jawab kepada bawahannya. Hal ini mengantisipasi adanya pembagian dana sewenang-wenang.

"Itu yang memutuskan saudara semua, jangan berikan kepada kepala dinas, makanya kadang terjadi monoton. Politik anggaran bapak yang pegang, jangan dibagi rata," tuturnya.

Presiden Jokowi mengambil satu contoh kasus, pemerintah daerah mendapat APBD senilai Rp 200 miliar. Untuk memutuskan pengalokasian anggaran ini, kepala daerah harus fokus pada program prioritas. Jokowi mengecam keras jika dana tersebut harus dibagi-bagi kepada kelompok tertentu sesuai dengan kepentingan kepala daerah.

"Jangan malah dibagi-bagi menurut organisasinya, misalnya di dinas PU ada kepala bidang, di bawah lagi ada kepala bagian/seksi. Bagi 20, 20, 20 ada juga yang 25 ya. Baunya aja enggak kelihatan," jelas Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengingatkan agar kepala daerah irit dalam mengucurkan dana APBD. Menurutnya, kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting tidak perlu dialokasikan dana.

"Operasional terlalu banyak perjalanan dinas, rapat-rapat, seminar. Saya lihat di Kementerian saja kebanyakan, nah hati-hati yang di daerah juga," pungkas dia.

sumber: [rnd/merdeka.com]
Loading...

Related Posts