Jokowi ke Pengusaha Inggris: Keep Calm and Invest in Indonesia

shares |

Jokowi ke Pengusaha Inggris: Keep Calm and Invest in Indonesia

AMIMAZDA.COM - London -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri forum bisnis yang dihadiri oleh seratusan pebisnis dari Inggris termasuk Indonesia. Dalam forum itu, Jokowi mengundang para pebisnis Inggris untuk berinvestasi di Indonesia.

Forum itu digelar di Mandarin Hotel, London, Inggris, Rabu (20/4/2016) siang, atau sore waktu Indonesia. Turut hadir Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Franky Sibarani, Menlu Retno Marsudi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Seskab Pramono Anung, Dubes RI untuk Inggris Rizal Sukma, dan lainnya.

Jokowi mengawali sambutannya dengan memuji dan mengungkap kesukaannya pada Inggris. Salah satunya grup band heavy metal. 

"Saya menyukai aliran musik heavy metal. Star to Heaven Led Zeppelin,  Deep Purple, Soldier of Fortune, Iron Maiden. Ada yang tahu?" ucap Jokowi sambil menyebut satu persatu grup musik dengan intonasi lambat. Hal itu menuai tawa para pebisnis yang hadir.

"Queen, Genesis, yang terakhir tidak terlalu heavy metal, tapi saya tetap suka," imbuh Jokowi santai.

Setelah membuka forum dengan suasana akrab dan santai, Presiden Jokowi lalu menjelaskan soal kondisi perekonomian di Indonesia. Menurut Jokowi, dua hal penting yang kini diterapkan Indonesia adalah keterbukaan dan kompetisi.

"Saya ke sini untuk meyakinkan bahwa kami akan terus melanjutkan reformasi ekonomi dengan menyederhanakan perizinan, dan membuka perekonomian kami," terang Jokowi.

Jokowi menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,04 persen di kuartal ke-4 tahun 2015 saat perekonomian global mengalami pelambatan. Jokowi juga meyakinkan bahwa perekonomian Indonesia stabil setelah berbagai pendekatan.

Mulai dari menerbitkan paket kebijakan ekonomi hingga ke-11, membangun infrastruktur secara masif sebagai dukungan atas investasi, hingga mengganti pembantu Presiden yang kurang bekerja maksimal.

"Saya mereshuffle kabinet saya untuk membawa teknokrat dan profesional," kata Jokowi.

Terakhir, Jokowi menyampaikan tentang kondisi perekonomian dunia yang penuh tantangan. Misalnya, China menghadapi tantangan pertumbuhan ekonomi dan Eropa menghadapi tantangan keamanan dan sosial. 

"Bagi saya solusinya mudah...'Keep Calm and Invest in Indonesia'," ucap Jokowi sambil menunjukkan logo bertuliskan kalimat tersebut disambut tepuk tangan. (baca juga: Jokowi Perkenalkan "Blusukan" ke Para CEO Perusahaan Terkemuka Inggris)
(miq/hns/detik.com)
Loading...

Related Posts