Kapolda: Hasnaeni 'Wanita Emas' Bisa Jadi Tersangka

shares |

Kapolda: Hasnaeni 'Wanita Emas' Bisa Jadi Tersangka

AMIMAZDA.COM - Jakarta, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Moechgiyarto mengatakan Hasnaeni Moein alias Wanita Emas saat ini masih berstatus sebagai saksi dalam kasus yang diduga melibatkan bakal calon Gubernur DKI Jakarta itu. Menurut Moechgiyarto, Hasnaeni bisa jadi tersangka bila polisi menemukan dua alat bukti yang mendukung. 

"Kita lihat dulu apakah akan menuju atau tidak. Kalau kami menemukan dua alat buktinya, baru dia nanti akan ditingkatkan sebagai tersangka. Sepanjang belum memenuhi alat bukti, ya, belum," kata Moechgiyarto di Polda Metro Jaya, Rabu, 13 April 2016.

Menurut Moechgiyarto, perkara yang melibatkan Hasnaeni baru diungkap lagi sekarang bukan karena hal lain atau ditutup dan dibuka kembali, melainkan dihentikan untuk sementara. Sebab, bisa jadi ketika dalam tahap penyelidikan belum ditemukan dua alat bukti. "Daripada kami terus terusan, kan pekerjaan yang lain banyak. Nah, makanya di-pending dulu," ujar Moechgiyarto.

Kemudian, saat perkara ini dibuka kembali, kata Moechgiyarto, ada indikasi informasi yang bisa didalami pihak kepolisian untuk merujuk pada alat bukti. "Ada indikasi informasi kami buka lagi. Nanti didalami lagi," tuturnya.

Hasnaeni dilaporkan Abu Arief M. Hasibuan melalui kuasa hukumnya, Saleh, pada 26 November 2014. Dia diduga melanggar Pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan. Hasnaeni diduga menerima uang dari Abu Arief senilai lebih dari Rp 900 juta dalam rangka pengurusan sanggahan banding proyek pembangunan dua ruas jalan di Jayapura. (baca: Hasnaeni 'Wanita Emas' Akui Terima Fee dari Pengusaha yang Melaporkannya)

Kementerian Pekerjaan Umum selaku pemilik proyek menyatakan sanggahan banding yang diajukan Abu Arief merupakan pengaduan. Sebab, sampai batas akhir masa sanggah, dia tidak menyampaikan jaminan sanggahan banding asli. 

Proyek pekerjaan pembangunan dua ruas jalan di Jayapura sudah selesai dikerjakan oleh pihak lain sebagai pemenang lelang. Atas kejadian tersebut, Abu Arief meminta Hasnaeni mengembalikan uang yang sudah ia berikan, tapi Hasnaeni tidak mau.

DESTRIANITA K/tempo.co
Loading...

Related Posts