KPK Bakal Periksa Staf BPK

shares |

KPK Bakal Periksa Staf BPK

AMIMAZDA.COM - Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi memanggil staf Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Khairiansyah Salman. Dia diperiksa terkait kasus dugaan suap dalam penghentian penanganan perkara tindak pidana korupsi pada PT Brantas di Kejati DKI.

"Dia diperiksa sebagai saksi dari tersangka MRD (Marudut)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di Gedung KPK, Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selatan, Kamis (14/4/2016).

Namun, Priharsa tak menjelaskan apa peran Khairiansyah dalam kasus ini. Selain itu, KPK juga memeriksa Direktur Operasional PT Brantas Abipraya Syarif, Kajati DKI Jakarta Sudung Situmorang dan Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati DKI Jakarta Tomo Sitepu.

Hingga saat ini, baru Sudung dan Tomo yang nampak hadir di gedung KPK. Mereka pun telah mengaku siap menghadapi pertanyaan penyidik KPK.

"Siap, siap, siap (menjalani pemeriksaan)," kata Sudung sambil bergergas memasuki gedung KPK.

Sebelumnya, Kejati DKI tengah melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi dalam anggaran iklan lapangan golf oleh PT Brantas Abipraya. Dalam proses penyelidikan itu, PT Brantas Abipraya berniat menyuap Kejati DKI supaya menghentikan kasusnya.

KPK menangkap tangan tiga orang, yakni Direktur Keuangan PT Brantas Abipraya Sudi Wantoko (SWA), Senior Manager PT Brantas Abipraya Dandung Pamularno (DPA) serta Marudut (MRD), seorang swasta. Ketiganya ditangkap di sebuah hotel di Cawang, Jakarta Timur, pada Kamis 31 Maret pukul 09.00 WIB.

Saat dicokok, SWA dan DPA baru saja menyerahkan uang ke MRD. Tim Satuan Tugas KPK mengamankan uang sebanyak USD148.835.

Uang diberikan ke MRD sebagai perantara suap ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Tujuannya agar Kejaksaan menghentikan penyelidikan kasus korupsi di lingkungan PT Brantas Abipraya.

Uang belum sampai ke kejaksaan, ketiganya ditangkap. Sementara, sang oknum Kejati DKI Jakarta yang diduga menerima suap belum diketahui. (Baca juga: Seluruh Pimpinan KPK Sepakat TIDAK ADA Unsur Korupsi di RS Sumber Waras)

(OJE/metrotvnews.com)
Loading...

Related Posts