Mobil Dinas Baru (Toyota Rush) untuk DPRD Tasik Tinggal Tunjuk Dealer

shares |

Mobil Dinas Baru (Toyota Rush) untuk DPRD Tasik Tinggal Tunjuk Dealer

AMIMAZDA.COM - Tasikmalaya, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Tasikmalaya mengakui akan segera melaksanakan pembelian 46 unit mobil baru bagi 46 anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala DPPKAD Kabupaten Tasikmalaya, Muhamad Yusuf mengatakan, proses pengadaan mobil dinas untuk 46 anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya saat ini ada di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Tasikmalaya. Mereka tinggal menunjuk dealer mobil mana yang akan jadi penyedia mobil.

"Angkanya saya lupa lagi. Ada di bagian anggaran. Tetapi seluruhnya ada 46 unit Toyota Rush untuk anggota dewan dan 10 unit Toyota Avanza untuk Kabag. Kalau pimpinan dewan yang 4 orang sudah kemarin di perubahan," kata Yusuf saat dimintai keterangan, Jumat (15/4/2016).

Dia mengatakan, pengadaan mobil dinas baru bagi 46 anggota DPRD ini untuk menunjang operasional mereka. Menurut dia, rata-rata kendaraan yang ada saat ini sudah cukup tua yakni tahun 2006. Sehingga sudah tidak memungkinkan lagi terus dipergunakan.

Nanti pun, sebutnya,  kendaraan dewan yang lama akan di tarik oleh DPPKAD. Pihaknya juga akan merotasi kendaraan bekas ke berbagai dinas dan melelang kendaraan yang sudah terlalu tua.

Dalam pengadaan mobil DPRD, dia menegaskan untuk mencoba menekan beban pemerintah daerah terkait biaya pemeliharaan. Sebab anggaran pemeliharaan nilainya terus membengkak setiap tahun.

"Kalau 46 mobil baru ini diberikan, segala beban pemeliharaan ditanggung pada pemegangnya. Termasuk biaya operasional bahan bakar yang selama ini ditanggung oleh Pemkab Tasikmalaya," tambah Yusuf.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Nia Kurniati menjelaskan, proses pengajuan 46 kendaraan untuk anggota DPRD selama ini melalui sekretariat dewan. Banggar DPRD setempat awalnya mengajukan pengadaan mobil kepada Sekretaris Dewan, kemudian diteruskan ke Tim Anggaran Perencanaan Daerah (TAPD) Kabupaten Tasikmalaya.

"Sekretariat hanya meneruskan ke TAPD, dan akhirnya masuk ke anggaran murni 2016. Adapun untuk pengadaan dan segala macamnya itu di DPPKAD," ujar Nia.

Berdasarkan data dari bagian aset DPPKAD Kabupaten Tasikmalaya, pengadaan mobil baru bagi pejabat lingkungan legislatif terus dilakukan dalam satu tahun ini.

Sebelumnya unsur pimpinan DPRD telah mendapatkan mobil dinas baru. Ketua DPRD mendapatkan Mitsubisi Pajero, sementara 3 Wakil Ketua DPRD mendapat Izuzu MUX. Dengan rata-rata kapasitas mesin 2.000 cc.

Kini disusul oleh seluruh anggota DPRD yang meminta jatah operasional berupa kendaraan dinas berjenis Toyota Rush dengan kapasitas mesin sekitar 1.400 cc dan harga jual pasaran Rp 250 juta per unit. (baca juga: Akui dana desa dipangkas buat PON, Aher klaim diganti tahun depan)

Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha/Erlangga Djumena/kompas.com
Loading...

Related Posts