5 Sisi Positif yang Patut Dicontoh dari Jokowi

shares |

5 Sisi Positif yang Patut Dicontoh dari Jokowi

AMIMAZDA.COM - Joko Widodo Presiden Republik Indonesia untuk periode 2014 – 2019. Selama lima tahun mendatang, pria yang akrab disapa Jokowi ini akan memimpin bangsa Indonesia dengan ide-ide cemerlang yang dimilikinya.

Sebelum berstatus sebagai Presiden, Jokowi sempat menduduki tahta Gubernur DKI Jakarta. Nama Jokowi mulai dikenal saat ia menjabat sebagai Walikota Solo. Sosoknya yang dinilai ramah dan peka terhadap rakyat menjadikan Jokowi dieluh-eluhkan oleh segenap rakyat Indonesia.

Mereka pun meinginkan sosok pemimpin baru seperti Jokowi. Hingga akhirnya Jokowi bersama pasangannya Jusuf Kalla maju sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura.

Melawan rivalnya yakni Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, ternyata pasangan Jokowi – JK lebih unggul di setiap daerah. Akhirnya, pasangan nomor urut dua ini berhasil terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2014 – 2019.

Meski menyandang status sebagai orang nomor satu di Indonesia, Jokowi akan tetap bersikap sama seperti ia menduduki posisi Gubernur Jakarta. Di dalam dirinya, Jokowi memiliki sisi positif yang patut diteladani oleh setiap orang, inilah 5 sisi positif yang patut dicontoh dari Jokowi

1. RAMAH

Presiden Indonesia periode 2014 – 2019 ini memiliki sikap ramah dalam dirinya. Hal ini terbukti saat ia meladeni pertanyaan wartawan di setiap kesempatan. Tak hanya ramah kepada awak media saja, mantan Gubernur Jakarta ini pun juga bersikap ramah kepada semua orang tanpa pandang bulu. Selain ramah, Jokowi sama sekali tak pernah menyinggung perasaan orang lain.

2. JUJUR

Saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi selalu menanamkan sifat jujur. Selama bertugas menjadi orang nomor satu di Ibukota, Jokowi tak pernah mengada-ada dalam menyampaikan pesan-pesannya kepada warga Jakarta. Dalam berucap, pria asal Solo ini pun selalu berkata apa adanya tanpa ditambahkan atau dikurangkan dalam sesuatu hal.

3. SOPAN

Selain jujur, Jokowi adalah sosok dengan perilakunya yang sopan. Bagaimana tidak? Dalam bertindak kepada siapapun, ia selalu bersikap sopan santun. Ketika harus bersaing dalam pemilihan Presiden bersama Prabowo Subianto. Jokowi selalu berlaku sopan terhadap rivalnya. Meski persaingan kala itu sangat sengit, Jokowi masih meanggap Prabowo sebagai rekan terbaiknya. Tak hanya sopan dalam tindakan, Jokowi juga mengutamakan kesopanan dalam berbicara.

4. MEMENTINGKAN RAKYAT

Selama mengemban tugas menjadi Gubernur DKI Jakarta, sudah banyak bentuk upaya yang dilakukan Jokowi demi membangun Ibukota menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tak segan-segan, Jokowi rela melakukan blusukan atau terjun langsung ke lapangan agar dia memantau dan mengetahui permasalahan yang terjadi. Hal inilah yang mendasarkan pandangan publik bahwa sosok Jokowi sangan mementingkan rakyatnya.

5. SEDERHANA

Dalam kesehariannya, pria kelahiran 21 Juni 1961 ini selalu bersikap sederhana. Sederhana yang dimaksud di sini adalah tak neko-neko. Lihat saja bagaimana penampilan Jokowi kala menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tak seperti pejabat lain yang memakai jas, Jokowi justru memilih mengenakan busana kebesaran yakni kemeja kotak-kotak dalam menjalani blusukan ke suatu daerah. Tak hanya itu, Jokowi terbiasa membeli sepatu murah alias tanpa merk untuk sebagai alas kakinya.
(nha/jadiberita/amimazda.com)

Loading...

Related Posts