Ahok akan bangun sirkulasi air kolam renang di Kali Ciliwung

shares |

Ahok akan bangun sirkulasi air kolam renang di Kali Ciliwung

AMIMAZDA.COM - Aliran Kali Ciliwung yang berada di belakang Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jakarta Barat saat ini terlihat lebih jernih dan bersih. Kondisi ini pun menarik perhatian warga sekitar. Sekarang kali ini ramai dimanfaatkan anak-anak untuk bermain air. Ada pula warga yang menggunakan kali itu untuk mencari ikan.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku tidak khawatir bila banyak anak-anak yang bermain air di sana. Sebab, dia mengklaim kali itu aman dan bersih dari beling (pecahan kaca). Agar lebih aman, Ahok akan menyulap kawasan Kalijodo, dan Kali Besar Barat menjadi jernih dan nyaman untuk bermain air.

"Bagus, yang penting enggak ada beling. Makanya kita mau bikin yang berenang gitu di Kalijodo dan di Kali Besar Barat," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (18/5).

Di dua kawasan itu, Ahok akan membangun sirkulasi air seperti yang ada di kolam renang. Dengan sistem sirkulasi ini, lanjut Ahok, air akan menjadi jernih dan bersih.

"Jadi nanti itu betul-bening bening orang bisa main air, karena itu pakai sirkulasi kolam renang itu," klaim mantan politisi Gerindra ini.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan jernihnya air di Kali Ciliwung yang berada di belakang Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok karena pihaknya rutinnya melakukan bersih-bersih kali di kawasan itu.

"Karena kita buka. Bulan lalu, selain bersihin sampah," kata Ahok di Balai kota, Jakarta, Rabu (19/5).

Dia mengklaim, kali menjadi jernih karena perubahan sistem sirkulasi air. Dijelaskan dia, dibukanya pintu air Ciliwung Lama membuat air kiriman Bogor tidak masuk ke pintu Manggarai. Air kini langsung mengalir ke Istiqlal dan ke daerah Gajah Mada, Hayam Wuruk.

"Kita mulai buka pintu Ciliwung Lama, airnya enggak lari ke pintu Manggarai," terangnya.

Sementara, di pintu air Gajah Mada terdapat saringan air yang membuat sampah-sampah mengendap dan rutin dibersihkan saat kondisi surut. Ternyata, langkah ini membuat kali yang ada di kawasan Pinangsia menjadi lebih jernih.

[amn/merdeka/amimazda.com]
Loading...

Related Posts