Ahok: Pemprov DKI sedang memesan 250 Bus Ramah Penyandang Disabilitas

shares |

Ahok: Pemprov DKI sedang memesan 250 Bus Ramah Penyandang Disabilitas

AMIMAZDA.COM -  JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menegaskan kota harus ramah terhadap penyandang disabilitas.

DKI Jakarta, kata Ahok, sedang bersiap berbenah agar Jakarta menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi penyandang disabilitas.

"Jadi bis sampai trotoar sampai toilet ramah disabilitas. Nggak ada toleransi. Ini yang kita canangkan di Jakarta," kata Basuki usai meresmikan portal S di trotoar RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Sabtu (28/5/2016).

Menurut Basuki, pihaknya mengakali menciptakan portal S agar trotoar tidak dimasuki kendaraan khususnya sepeda motor.

Pembuatan portal S tersebut dirancang khusus agar bisa dilewati oleh kursi roda.

"Motor nggak bisa masuk. Makanya kita bangun kurva S, kayak di Jepang. Kursi roda bisa nekuk motornya nggak bisa nekuk. Kalau dulu kan kita pasangi tiang ( di depan trotoar)," ungkap Basuki.

Basuki menargetkan DKI Jakarta akan memiliki trotoar sepanjang 2.600 km yang ramah bagi penyandang disabilitas

"Semua trotoar wajib hukumnya seperti ini. kita akan bangun total 2.600 kilometer. Kita butuh sampai tiga triliun untuk menyelesaikan itu. Saya ingin targetnya bisa selesai pas Asian Games sudah selesai semua," ujar bekas bupati Belitung Timur itu.

Selain itu, Basuki mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memesan 250 unit bus yang juga ramah bagi penyandang disabilitas.

Bus tersebut mempunyai spesifikasi suspensi bisa miring.

Ketika bus berhenti, si sopir bisa memiringkan sehingga pengguna kursi roda bisa masuk ke dalam.

"Kami mau beli bus yang suspensinya bisa miring ke kiri. Begitu dia miring ke kiri pintu dibuka, Bayangin saja ini disabilitas bukan kita," kata Basuki.
Loading...

Related Posts