Indonesia Akan Menjadi Negara Pertama yang Punya Pesawat Tempur Sukhoi 35 di Luar Rusia

shares |

Indonesia Akan Menjadi Negara Pertama yang Punya Pesawat Tempur Sukhoi 35 di Luar Rusia

AMIMAZDA.COM - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia akan menjadi negara pertama di luar Rusia yang memiliki pesawat tempur jenis Su-35 (NATO: Flanker-E) buatan Sukhoi dari Rusia.

Hal itu dikatakan Luhut di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kalibata, Jakarta Timur, Kamis (26/5/2016).

"Kalau itu jadi dilepas oleh Rusia, Indonesia adalah negara pertama di luar Rusia yang mendapatkan Sukhoi 35," kata dia.

Namun, lanjut Luhut, belum bisa dipastikan kapan pembelian akan direalisasikan karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pesawat Su-35.

"Ya nantilah, untuk administrasinya itu kan banyak sekali dan cukup panjang sehingga belum tahu kapan waktunya," ujar Luhut.

Secara teknologi, ia mengakui kecanggihan Su-35. "Sukhoi 35 itu merupakan teknologi bagus karena dia kombinasi dari dog fight dan pengebom dan teknologinya sangat maju sekarang," ujar Luhut.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengonfirmasi bahwa Pemerintah Indonesia berniat membeli 10 unit pesawat tempur jenis Su-35 (NATO: Flanker-E) buatan Sukhoi dari Rusia.

Proses pembelian pesawat tempur tersebut masih dalam pembahasan. Ryamizard juga menjelaskan bahwa pembelian ke-10 Su-35 untuk TNI-AU tersebut tidak akan dilakukan sekaligus, tetapi secara bertahap.
Loading...

Related Posts