Inilah Rahasia Kehebatan Tank Leopard 2RI Milik TNI AD

shares |

Inilah Rahasia Kehebatan Tank Leopard 2RI Milik TNI AD

AMIMAZDA.COM - Tank Leopard 2RI merupakan pengembangan dari tank Leopard 2 Revolution buatan Jerman yang disesuaikan dengan keinginan TNI AD.

Dari sosok luarnya, Leopard 2RI sudah nampak berbeda dibandingkan dengan Leopard 2A4 yang sudah terlebih dahulu datang.

Jika Leopard 2A4 tampil mengotak dengan garis-garis tegas, maka Leopard 2RI tampil dinamis dengan modul-modul AMAP menghias hull dan kubah.

Jika setelah sekian lama hanya bisa menduga-duga, selubung misteri Leopard 2RI kini terbuka sudah, dari sosok penampilannya kita bisa menduga opsi kit apa saja yang akhirnya dipilih TNI AD.

Tidak semua paket upgrade Leopard Revolution dipilih, hanya yang benar-benar diperlukan saja yang dipasangkan ke tubuh Leopard 2A4 untuk mengubahnya menjadi Leopard 2RI.

Inti dari perlindungan Leopard 2RI adalah lapisan blok komposit AMAP (Advanced Modular Armour Protection) buatan IBD (IngenierB├╝ro Deisenroth)-Deisenroth.

Konsepnya adalah perlindungan 360 derajat, dimana Leopard 2 Revolution harus bisa dilindungi dari segala sisi.

Hal ini menyesuaikan dengan tren dimana tank digunakan dalam situasi urban, yang rentan dengan ancaman senjata seperti roket dan rudal antitank.

Untuk sistem senjata, Leopard 2RI tetap mengandalkan meriam 120mm L44, yang tidak diubah.
Yang dimodifikasi adalah sistem turret drive yang kini sudah sepenuhnya elektrik, menawarkan keunggulan lebih aman, lebih ajek, dan lebih senyap.

Selain soal senjata, yang paling penting dari sebuah tank adalah, kenyamanannya.
Untuk itulah Leopard 2RI sudah dilengkapi sistem pendingin udara yang dipasang di belakang bustle, dengan inlet udara dari sisi atas yang dilindungi kawat baja.

Leopard 2RI telah tiba di Tanah Air pada Senin (23/5/2016) di dermaga Tanjung Priok.

Rencananya sebanyak delapan Leopard 2RI akan menghuni Batalion Kavaleri 1/ Tank Badak Ceta Cakti di Cijantung, menggantikan tank mini Scorpion-90
Loading...

Related Posts