KPU Jatim Rugikan Negara 3%, BPK: Masih Layak Dapat WTP

shares |

KPU Jatim Rugikan Negara 3%, BPK: Masih Layak Dapat WTP

AMIMAZDA.COM - Sidoarjo: KPU Jawa Timur menjadi percontohan bagi KPU provinsi lain di Indonesia. Hal itu setelah melihat belanja KPU Jatim yang diketahui mengalami kerugian di bawah tiga persen.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis, Kamis 28 April. KPU Jatim mendapatkan total anggaran Rp30 miliar. Dalam pelaksanaannya, KPU Jatim merugikan negara ratusan juta rupiah. "Ini masih di bawah tiga persen. Masih wajar," kata Harry saat mengisi acara Rapat Evaluasi Penyusunan Laporan Rencana Aksi dan Analisis Capaian Kinerja KPU Jatim di Sidoarjo.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Husni Kamil Manik dan Kepala Inspektorat Sekretariat Jenderal KPU. Lebih lanjut, Harry menjelaskan temuan kerugian negara yang masih di bawah 3 persen layak meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Artinya, walaupun BPK tidak memberikan opini secara langsung kepada perwakilan KPU, tapi dari syarat yang sudah ditentukan dari total belanja yang hanya di bawah 3 persen (tidak bisa dipertanggungjawabkan), maka secara tak langsung itu boleh WTP,” kata dia.

Dari 88 lembaga negara yang tengah diperiksa BPK, Harry mengatakan ada tujuh yang mendapat predikat Disclaimer. Ketujuh lembaga negara itu dinilai tak bisa mempertanggungjawabkan tujuh persen keuangan negara. 
(UWA)
Loading...

Related Posts