Menkeu Kantongi Identitas 6.519 WNI Pemilik Dana di 2 Negara Tax Haven

shares |

Menkeu Kantongi Identitas 6.519 WNI Pemilik Dana di 2 Negara Tax Haven

AMIMAZDA.COM - JAKARTA, Pemerintah telah mengantongi identitas 6.519 warga negara Indonesia (WNI) yang menyimpan dana di luar negeri. Ribuan orang tersebut berada pada dua negara yang masuk kategori tax haven country.

"Data yang kita miliki itu adalah 6.519 WNI," ungkap Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam rapat kerja dengan Komisi XI, di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (23/5/2016).

Bambang mengaku data yang dimiliki lengkap, mulai dari nama, paspor, nama perusahaan hingga nomor rekening dari WNI. Dengan demikian, maka pelacakan terhadap WNI akan lebih mudah.

"Data yang masuk itu awalnya SPV (Special Purpose Vehicle) dengan rekening di bank pada negara tersebut. Nah, SPV itu pasti punya penanggung jawab, kita telusuri maka dapatlah nama dan paspornya," jelasnya.

Dua negara tersebut masih dirahasiakan hingga saat ini. Data akan disampaikan kepada anggota dewan hanya dalam rapat tertutup. Ini terkait dengan kerahasiaan sumber dan data dari daftar wajib pajak yang bersangkutan.

"Kita sudah memiliki data yang resmi, tapi mencakup rekening bank WNI di dua negara saja. Jadi memang belum lengkap. Namun saya belum dapat mengungkapkan negaranya," papar Bambang.

Data ini berasal dari hasil intelijen, yang sebenarnya bersifat resmi. Proses ini sudah berlangsung cukup lama hingga kemudian data didapatkan pada akhir tahun lalu.

"Keberhasilan tax amnesty itu tergantung data intelijen. Jadi itu data di luar negeri yang tidak bisa diakses, termasuk perbankan. Makanya karena tidak bisa data resmi, maka melalui intelijen," pungkasnya.
(mkl/hns/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts