Menteri Susi: ada 700 Kapal Asing dari Berbagai Negara Yang Berhasil Ditahan!

shares |

Menteri Susi: ada 700 Kapal Asing dari Berbagai Negara Yang Berhasil Ditahan!

AMIMAZDA.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku sering ditemui oleh orang-orang yang meminta kapal-kapal asing di Indonesia yang telah ditahan untuk dibebaskan.

"Saya sudah didatangi pensiunan, purnawirawan, bekas pejabat KKP dan mana-mana 'ketok pintu' agar kapal-kapal tersebut bisa jalan," kata Susi saat ditemui di Jakarta, Senin (10/5/2016).

Menurut dia, hal itu wajar dilakukan. Jika ada kepentingannya yang terganggu, maka segala cara akan dilakukan.

Ia menegaskan, bantuan yang digelontorkan KKP sebesar Rp 10 triliun tidak akan bermanfaat jika ikan-ikan di Indonesia habis ditangkap kapal asing secara ilegal.


"Karena bantuan KKP yang Rp 10 triliun itu tidak akan ada artinnya. Perahu dan jaring menjadi percuma, ikannya nggak ada buat apa," ujar Susi.

Susi menyatakan, saat ini ada sekitar 700 kapal asing dari berbagai negara yang berhasil ditahan.

Hal itu karena pemerintah kembali memperpanjang moratorium perizinan usaha perikanan tangkap di wilayah pengelolaan perikanan Indonesia.

"Tanpa monatorium yang kemarin diperpanjang tidak mungkin kita bisa melihat kapal-kapal gajah (besar) dipinggirkan," ujarnya.

Susi mengaku memilih mundur jika harus membebaskan kapal-kapal asing tersebut, lalu mereka kembali berlayar di lautan Indonesia.

"Saya pilih mundur kalau kapal asing itu kembali jalan di Indonesia," katanya (baca: Menteri Susi: Saya Pilih Mundur daripada Dipaksa Bebaskan 700 kapal Asing!)
Loading...

Related Posts