Pemerintah Akan Bangun Rusunawa dari Aceh Sampai Papua

shares |

Pemerintah Bangun Rusunawa dari Aceh Sampai Papua

AMIMAZDA.COM - Pemerintah Akan Bangun Rusunawa dari Aceh Sampai Papua, Jakarta -Pemerintah akan terus melakukan pembenahan tempat tinggal bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan membangun rumah susun sederhana sewa atau rusunawa. Pembangunan rusunawa tidak hanya dilakukan di Jakarta saja, namun di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Direktur Rumah Susun Chris Robert Panusunan Marbun mengungkapkan, selain di Jakarta, pemerintah juga akan membangun rumah susun di luar Jakarta. Rusunawa ini diperuntukkan bagi MBR, PNS, Polri, pekerja, mahasiswa, dan santri.

"Untuk yang di luar (Jakarta) lain. Tadi ada 11.642 (unit) tuh, di luar DKI. Untuk 2016 di seluruh Indonesia. Untuk MBR, Polri, pekerja, mahasiswa dan santri. Ada di Aceh, Sumut, Sumbar, Kepri, Lampung, Jawa, Kalimantan seluruh provinsi. Sampai Papua ada. Jadi di seluruh provinsi ada, cuma distribusinya berbeda. Tentu PNS yang diutamakan yang nggak punya rumah," ujar dia di Media Center, Kementerian PUPR, Selasa (3/5/2016).

Chris menyebutkan, pembangunan rusunawa ini harus bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat. Pemerintah tentu berkomitmen agar pembangunan rusunawa ini tidak mangkrak.

"Pembangunan itu kan harus bisa langsung dimanfaatkan. Jadi makanya kita fasilitasi semua komplit langsung dengan listrik dan airnya, sehingga bisa dimanfaatkan oleh Pemda, jadi tidak mangkrak lagi. Dan bisa langsung terasa di masyarakat," katanya

Berapa biaya sewanya?

"Beda-beda tiap kabupaten/kota. Kalau di Surabaya tuh Bu Risma dia buat 50.000 unit. Tentu kan dengan makin murah tentu ada subsidi. Ada yang Rp 300.000. Beda-beda. Itu ada Perda masing-masing provinsi, kabupaten/kota," jelas dia.

Daerah mana saja yang butuh Rumah Susun?

"Di Indonesia ada di Aceh, lokasinya di Langsa kalau nggak salah, Sumut ada di Medan, Tapteng, di Sumbar ada di Padang, Solok, di Kepri, di Riau ada di Pekanbaru, Sumsel ada Banyuasin, Palembang, ada juga di Depok, Jabar, Jateng, Magelang, banyak, Irian juga ada," tandasnya.
(drk/hns) 
Loading...

Related Posts