Reformasi Anggaran di APBN, Jokowi Bangun Tol Hingga Bendungan

shares |

Reformasi Anggaran di APBN, Jokowi Bangun Tol Hingga Bendungan

AMIMAZDA.COM - Jakarta, Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mereformasi alokasi belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Belanja subsidi bahan bakar minyak (BBM) dipangkas besar-besaran dan dialihkan untuk membangun infrastruktur.

"Reformasi besar-besaran di 2015, subsidi ditekan habis. Anggaran infrastruktur meningkat drastis," ujar Direktur Penyusunan APBN Kementerian Keuangan, Kunta WD Nugraha, dalam 12th Indonesia Investment Week yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, di JIExpo Kemayoran, Sabtu (7/5/2016).

Kunta menjelaskan beberapa proyek infrastruktur yang akan digarap periode 2015-2019 antara lain jalan tol seperti tol Trans Jawa, Trans Sumatera, Trans Sulawesi, Trans Kalimantan. 

Kemudian, proyek tol laut dengan membangun sejumlah pelabuhan, dan membangun jaringan rel kereta api. 

"Semua untuk mempermudah distribusi barang," jelas Kunta.

Sedangkan, untuk menjaga ketahanan pangan, pemerintah membangun irigasi dan bendungan. Selain itu, diluncurkan pula program 1 juta rumah, pembangunan rumah susun, SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum), dan pengolahan air limbah.

Menurut Kunta, berbagai pembangunan infrastruktur tersebut telah mendongkrak daya saing infrastruktur Indonesia menurut versi World Economic Forum.

"Prioritas pembangunan infrastruktur dalam RPJMN 2015-2019 telah meningkatkan daya saing infrastruktur Indonesia, urutan 84 dari 133 negara menjadi urutan 56 dari 143 negara di 2015 menurut World Economic Forum," tutur Kunta. (baca: Subsidi BBM Dipangkas, Anggaran Infrastruktur Tahun Ini diatas Rp 300 T)
(hns/tor) 
Loading...

Related Posts