Saat Puluhan Anak Jadikan Sungai di Jakarta seperti Kolam Renang

shares |

Saat Puluhan Anak Jadikan Sungai di Jakarta seperti Kolam Renang

AMIMAZDA.COM - Pada Senin (16/5/2016) siang, pemandangan tidak biasa terlihat di aliran anak Sungai Ciliwung, di Jalan Labu, Kelurahan Mangga Besar, Jakarta Barat. Tidak seperti sungai di Jakarta pada umumnya, anak Sungai Ciliwung yang tepat berada di belakang Gedung Lindeteves Trade Centre (LTC) Glodok, Jakarta Barat, ini terlihat jernih.

Dari pantauan Kompas.com, puluhan anak berumur belasan tahun riang gembira mandi di sungai tersebut. Sambil sesekali bercanda dengan teman-temannya, semakin sore semakin banyak anak seumuran mereka yang ikut nimbrung mandi di sungai tersebut

Tampak pula orang dewasa melompat dari pagar pembatas dan langsung terjun ke sungai. Bahkan, warga yang sedang berkendara sengaja berhenti untuk melihat anak-anak bermain di bantaran anak Sungai Ciliwung itu.

Dari pengamatan, memang terlihat sejumlah sampah, seperti popok bayi, botol plastik, bahkan sandal, hanyut mengikuti aliran sungai. Namun, pemandangan tersebut jauh lebih baik daripada sungai-sungai di Jakarta pada umumnya

Meskipun di pinggir sungai banyak perumahan penduduk, tak tampak warga yang membuang sampah ke bantaran sungai tersebut.

Kejernihan sungai tersebut bukan tanpa sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengandalkan "Pasukan Oranye", yaitu petugas Pelayanan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI untuk membersihkan seluruh sungai di Ibu Kota.
Loading...

Related Posts