Sandiaga: Prabowo Pilih Sjafrie sebagai Cagub DKI dari Gerindra

shares |

Sandiaga: Prabowo Pilih Sjafrie sebagai Cagub DKI dari Gerindra

AMIMAZDA.COM - JAKARTA, Sandiaga Uno, pengusaha sekaligus kader Partai Gerindra, menyatakan, partainya akan mengusung Sjafrie Sjamsoeddin sebagai calon gubernur dalam pemilihan kepada daerah DKI Jakarta 2017.

Menurut Sandiaga, Sjafrie yang pernah menjadi wakil menteri pertahanan itu dipilih langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Ia mengatakan, deklarasi Sjafrie sebagai calon gubernur (cagub) DKI dari Gerindra akan dilakukan pada Juli mendatang.

"Rencananya Pak Prabowo baru akan mengumumkannya sehabis Lebaran," kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Minggu (22/6/2016).

Dengan demikian, peluang Sandiaga sendiri untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta dari partai Gerindra pupus. Sandiaga telah menyatakan rencananya untuk maju pada Pilkada DKI 2017 dan selama ini rajin menyosialisasikan rencananya kepada warga Jakarta dengan melakukan pertemuan tatap muka dan iklan di media.

Sjafrie merupakan satu dari tiga kandidat bakal calon gubernur yang lolos dalam proses penjaringan DPD DKI Jakarta Partai Gerindra. Dua nama lainnya adalah pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahandra dan Sandiaga sendiri.

Sandiaga mengaku tidak sakit hati atas terpilihnya Sjafrie. Ia bahkan berjanji akan ikut mendukung purnawirawan jenderal bintang tiga itu.

"Saya ikhlas dengan keputusan Gerindra. Sama sekali tidak sakit hati dan tidak akan ke partai lain. Saya akan dukung Pak Sjafrie 100 persen," ucap Sandiaga.

Partai Gerindra memiliki 15 kursi di DPRD DKI. Jumlah minimal kursi partai politik atau koalisi partai politik di DPRD DKI untuk bisa mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur adalah 22 kursi.

Sejauh ini, parpol yang disebut-sebut sudah mencapai kesepakatan untuk berkoalisi dengan Gerindra adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKS sendiri memiliki 11 kursi di DPRD DKI. Dengan demikian, koalisi Gerindra dan PKS sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.
Loading...

Related Posts