Sandiaga Uno: PNS Pemprov DKI Sekarang "Is Under Fear..."

shares |

Sandiaga Uno: PNS Pemprov DKI Sekarang "Is Under Fear..."

AMIMAZDA.COM - Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menilai, pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta saat ini berada dalam ketakutan dalam bekerja.

"Sekarang staf pemerintah daerah itu is under fear, ketakutan. Kenapa? Pemimpinnya itu sangat galak. Kalau salah sedikit, pecat," kata Sandiaga saat penyampaian visi dan misi di DPD Demokrat DKI Jakarta, Sabtu (21/5/2016).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dikenal tak segan memecat pejabat atau PNS yang bekerja buruk. Mantan Bupati Belitung Timur itu juga kerap memarahi PNS di depan publik jika pegawai tersebut ketahuan memiliki kinerja buruk.

Kondisi ini, menurut Sandiaga, tidak sehat. Ia mencontohkan bagaimana pengalaman membangun usaha dari hanya tiga karyawan hingga memiliki 50.000 karyawan. Ia menerapkan sistem reward and punishment pada karyawannya.

"Yang bagus ditepok bahunya, diberi encouragement. Yang kurang bagus diberi teguran pertama dan kedua," kata Sandiaga.

Sementara itu, teguran kepada karyawan tidak boleh dilakukan di depan umum. Pasalnya, perlakuan tersebut dianggap tak menyelesaikan masalah dan membuat bawahan malu.

"Saya belajar dari ibu saya, kalau menegur itu harus berdua, private. Menegur di depan umum itu mempermalukan orang. That's how we build culture, bagaimana kita bangun budaya mindset dari aparat pemerintah daerah," kata Sandiaga.
Loading...

Related Posts