Subsidi BBM Dipangkas, Anggaran Infrastruktur Tahun Ini diatas Rp 300 T

shares |

Subsidi BBM Dipangkas, Anggaran Infrastruktur Tahun Ini diatas Rp 300 T

AMIMAZDA.COM - Jakarta, Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memangkas anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan mengalokasikannya untuk infrastruktur. Menurut catatan Kementerian Keuangan, untuk tahun ini saja dialokasikan lebih dari Rp 300 triliun untuk membangun infrastruktur.

"Reformasi besar-besaran di 2015, subsidi ditekan habis. Anggaran infrastruktur meningkat drastis. Tahun 2016 di atas Rp 300 triliun," ujar Direktur Penyusunan APBN Kementerian Keuangan, Kunta WD Nugraha, dalam 12th Indonesia Investment Week yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, di JIExpo Kemayoran, Sabtu (7/5/2016).

Sebelumnya, pembangunan infrastruktur terabaikan karena alokasi anggaran pemerintah tersedot ke subsidi BBM. Kunta mencontohkan, periode 2005-2008 anggaran subsidi BBM lebih besar ketimbang alokasi infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Lalu di 2009-2012, anggaran subsidi BBM sempat turun karena harga minyak dunia naik. Selanjutnya, di era pemerintahan saat ini, alokasi untuk subsidi BBM dipangkas dan dialihkan untuk kegiatan yang lebih produktif .

"Anggaran infrastruktur meningkat drastis, anggaran kesehatan meningkat, dan pemenuhan anggaran pendidikan sebesar 20%, karena pemerintah ingin lebih tepat sasaran. Dari konsumtif ke produktif," tutur Kunta. (baca juga: Jokowi: Saya Maunya Kerja Cepat, Ngebut, Harus Selesai, Biar ngak Mangkrak Terus!)
(hns/aan)
Loading...

Related Posts