Sumatera Mau Dibangun Rel KA 1.600 Km

shares |

Sumatera Mau Dibangun Rel KA 1.600 Km

AMIMAZDA.COM - Palembang, Pembangunan jalur kereta api di Trans Sumatera akan disambung dari Aceh sampai Lampung. Selama ini, jalur kereta api di Sumatera masih belum menyentuh ke seluruh daerah.

Sedikitnya masih ada 1.600 kilometer (km) yang perlu dibangun jaringan rel kereta api, untuk memudahkan akses transportasi penumpang dan logistik.

"Kurangnya itu sekitar 1.600 km. Pokoknya sekarang yang existing Sumatera Selatan-Lampung terus pisah ada di Sumatera Barat, terus ada lagi di Sumatera Utara terus ada lagi di Aceh tapi kan putus-putus," jelas Dirjen Perkeretaapian, Prasetyo Buditjahjono, di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (21/5/2016).

Saat ini, pembangunan jaringan rel kereta api di Sumatera terus dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Untuk merealisasikan proyek tersebut dibutuhkan dana sebesar Rp 40 triliun. Namun, pihaknya belum berani memproyeksikan rampungnya rel kereta api Trans Sumatera.

"Sudah mulai kemarin sejak pemerintahan kemarin. Target sih boleh saja, 1.600 km itu kira-kira Rp 40 triliun ini APBN," terang Prasetyo.

Kebutuhan transportasi kereta api di Sumatera dibutuhkan untuk angkutan barang tambang dan sumber daya alam lainnya. Sedangkan kebutuhan untuk angkutan massal belum banyak seperti di Pulau Jawa.

"Di sini kan banyak sawit dan batu bara sudah pasti," tutur Prasetyo.
(wdl/wdl/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts