Jokowi Minta 30 Proyek Listrik Mangkrak Dilanjutkan

shares |

Jokowi Minta 30 Proyek Listrik Mangkrak Dilanjutkan

AMIMAZDA.COM - Jakarta: Sedikitnya 30 proyek pembangkit listrik mangkrak sejak 2007. Presiden Joko Widodo meminta puluhan proyek terbengkalai itu dilanjutkan kembali karena sudah menyedot anggaran triliun rupiah.

Presiden mencontohkan proyek listrik di Mempawah, Kalimantan Barat. Proyek pembangkit listrik berbasis gas tersebut terhenti 8 tahun dan telah menelan dana Rp1,5 triliun.

"Ini adalah uang yang besar sekali, segera diselesaikan," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Presiden juga meminta Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana mengecek puluhan proyek mangkrak itu. Presiden ingin tahu jumlah kerugian negara dari proyek-proyek tersebut.

"Saya minta dicek, sehingga nanti jelas kita memutuskan ke depan. Sudah berapa yang habis di situ, kemudian apa itu bisa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu," ungkapnya.

Terkait program pembangkit listrik 35.000 Megawatt, Presiden mengaku bakal memprioritaskan daerah yang kekurangan pasokan listrik, seperti Sulawesi dan Gorontalo. Kedua daerah itu kini terbebas dari cengkraman krisis listrik setelah beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Gorontalo dan kapal pembangkit listrik di Amurang, Sulawesi Utara.

"Saya ingin menekankan sekali lagi, bahwa untuk kelistrikan berikan prioritas pada daerah yang masih kurang pasokannya. Baik lewat percepatan dengan mobile power plant maupun lewat kapal, sehingga kita bisa mempecepat penambahan pasokan," bebernya.

(NIN/METROTVNEWS/AMIMAZDA.COM)
Loading...

Related Posts