Megawati: Terimakasih Presiden Joko Widodo...

shares |

Megawati: Terimakasih Presiden Joko Widodo...

AMIMAZDA.COM - Presiden ketiga RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo saat pidato memperingati pidato Bung Karno 1 Juni 1945.

Ucapan itu disampaikan setelah Presiden menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila sekaligus menjadikan tanggal itu sebagai hari libur nasional.

"Atas nama keluarga besar Bung Karno, saya putri pertamanya, Megawati Soekarnoputri, mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan pemerintah RI," ujar Megawati di Gedung Merdeka, Bandung, Rabu (1/6/2016).

"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berjuang bersama-sama menjadikan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, terutama sekali juga kepada rakyat Indonesia," lanjut dia.

Megawati mengatakan, pengakuan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila oleh pemerintah merupakan salah satu momen bersejarah.

Penetapan itu, sambung Megawati, harus menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran nasional akan tantangan Indonesia, yakni era globalisasi dan pasar bebas di mana liberalisme dan kapitalisme telah merasuk ke dalam seluruh aspek kehidupan.

"Spirit yang sama seperti saat pidato lahirnya Pancasila yang dibacakan Bung Karno pada 1 Juni 1945 jangan hanya menjadi memori kolektif belaka," ujar Megawati.

"Semoga jiwa, semangat, keberanian dan tekad yang sama hidup kembali melingkupi kehidupan berbangsa dan bernegara," lanjut dia.
Loading...

Related Posts