Apindo: Dana Rp2.000 Triliun Bakal Masuk ke Indonesia

shares |

Apindo: Dana Rp2.000 Triliun Bakal Masuk ke Indonesia

AMIMAZDA.COM - Jakarta: Pelaksanaan UU Tax Amnesty yang sebentar lagi diterapkan dinilai akan meraup dana segar yang datang dari luar negeri ke Indonesia sebesar Rp2.000 triliun.

"Menurut saya yang bisa masuk minimal bisa dipakai Rp2.000 triliun," kata ‎Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi,‎ ditemui di Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Senin, 11 Juli.

Sofjan mengatakan jika dana sebesar Rp2 ribu triliun tidak lah sedikit. Namun setidaknya bisa digunakan untuk menggerakan ekonomi Indonesia. Adapun angka tersebut dihitung dari dana yang selama ini tidak dilaporkan pengusaha Indonesia di luar negeri. Padahal di dalam negeri saja, ada sebanyak Rp4.200 triliun dana yang disimpan di deposito perbankan, di mana sebesar Rp1.000 triliun tidak dilaporkan oleh pengusaha.

"Deposito di Republik ini ada Rp4.200 triliun, yang ada di perbankan Indonesia. Setengah punya pemerintah, tapi menurut saya ada Rp1.000 triliun di dalam negeri yang belum dimasukkan ke dalam SPT, karena mereka merasa dari pada deposito sudah bayar pajak deposito 15 persen, jadi tidak usaha bayar SPT," ujar Sofjan.

Meski demikian, paling tidak ada potensi sebesar Rp500 triliun ‎yang bisa digapai ke dalam negeri.‎ "Jadi saya pikir itu ada, dari luar negeri menurut saya paling sedikit Rp500 triliun-Rp1.000 trilun, adalah paling sedikit mereka kalau enggak repatriasi, mereka deklarasi," pungkas Sofjan yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).


(AHL/METROTVNEWS/AMIMAZDA.COM)
Loading...

Related Posts