Hanya Ada Di Era Jokowi, Rakyat Bisa Selfie Dan Melihat Serah Terima Jaga Paspampres Istana

shares |

Hanya Ada Di Era Jokowi, Rakyat Bisa Selfie Dan Melihat Serah Terima Jaga Paspampres Istana

AMIMAZDA.COM - Hanya Ada Di Era Jokowi, Rakyat Bisa Selfie Dan Melihat Serah Terima Jaga Paspampres Istana, Jakarta - Satu lagi tradisi baru di lingkungan Istana yang digagas Presiden Joko Widodo. Kali ini soal pergantian jaga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Istana Merdeka. Untuk pertama kalinya serah terima jaga digelar terbuka untuk warga.

Biasanya pergantian regu Paspamres yang berjaga di lingkungan Istana digelar di dalam komplek Istana, namun kali ini terbuka di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (17/7/2016).

Ada 24 anggota Paspampres tiap regu yang berjaga di lingkungan Istana Kepersidenan Jakarta dan diganti tiap sebulan sekali. Pergantian jaga digelar tiap pekan kedua di hari Minggu.

Prosesi serah terima itu dimulai dengan kehadiran 24 anggota regu Paspampres baru menuju ke halaman depan Istana Merdeka. Kemudian disusul 24 regu yang akan menggantikan. Mereka semua berseragam merah dengan baret biru.

Komandan regu masing-masing melapor kepada Komdan Komplek (Danplek) dalam pergantian ini. Kemudian masing-masing menyiapkan anggotanya untuk melakukan pergantian.

Setelah itu regu baru menempati pos jaga dan regu lama masuk ke dalam. Prosesi ini diwarnai 'atraksi' pengecekan senjata dan amunisi termasuk kerapihan seragam serta lempar senjata.

"Kita gelar satu prosesi acara serah terima jaga istana, ini sesuai petunjuk dan arahan bapak Presiden bagaimana melihat di luar negeri pasukan jaga istana mereka serah terima di depan masyarakat. Untuk itu kita juga akan tampilkan," ucap Komandan Paspampres Mayjen Bambang Suswantono usai acara. 

Bambang mengatakan acara ini digelar terbuka agar diketahui masyarakat yang waktunya tiap minggu kedua setiap bulan. Proses ini digelar hari Minggu karena jika hari biasa akan menutup lalu lintas.

"Kebetulan sesuai dengan arahan Presiden bagaimana mendekatkan istana kepada masyarakat, hari ini juga banyak masyarakat melihat dan mereka bisa berfoto bersama dengan anggota paspampres yang selama ini garang dan kelihatan garang, tapi masyarakat bisa berfoto dan lebih dekat," paparnya.

Bambang mengatakan, selain melihat proses serah terima jaga, masyarakat juga bisa sekalian memupuk rasa nasionalisme. Paspampres melakukan upaca menaikkan bendera pukul 06.00 WIB dan penurunan sore hari.

"Akan ada parade senjata yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulan," kata Bambang.


(bal/erd/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts