Inilah Perkembangan Terbaru Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar

shares |

Inilah Perkembangan Terbaru Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar

AMIMAZDA.COM - Jakarta, Tak Hanya di Pulau Jawa, geliat pembangunan juga terjadi di Pulau Sumatera. Terlihat dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera untuk ruas Bakauheni Terbanggi-Besar yang kian menunjukkan perkembangan. 

Berdasarkan data dari Sub Direktorat Pengadaan Tanah, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikutip detikFinance, Kamis (14/7/2016), hingga 18 Juni 2016, total lahan yang sudah terbebas mencapai 26,416 km.

Secara simultan atau bersamaan, pekerjaan konstruksi fisik pada ruas yang sudah terbebas tanahnya juga sudah mulai dilakukan. Terlihat beberapa ruas sudah berlapis beton.

Data tersebut juga menunjukkan perkembangan rinci setiap seksi pekerjaan yang dilakukan di lokasi.

Seksi 1
Pada Seksi 1 sepanjang 39,4 km dari Pelabuhan Bakauheni-Sidomulyo, lahan yang sudah terbebas sudah mencapai 8,9 km dari Pelabuhan Bakauheni, Barier Gate alias gerbang tol Pembatas hingga KM 08+800.

Secara fisik, perkembangannya sudah mencapai 6,29% yang terdiri dari pekerjaan timbunan badan jalan sepanjang 1,025 km, pekerjaan galian struktur, pemasangan RCP (Relay Kontrol Phasa) atau pengaman instalasi listrik dan pembersihan lahan sepanjang 7,6 km.

Seksi 2
Pada Seksi 2 sepanjang 40,6 km dari Sidomulyo-Kota Baru/Itera, lahan yang sudah terbebas mencapai 5,025 dari Kota Baru/Itera-Lematang.

Perkembangan konstruksi fisik telah mencapai 7,93% yang terdiri dari pekerjaan badan jalan sampai tahap pengecoran yang sudah rampung sepanjang 7,6 km, pembangunan median jalan sepanjang 1,6 km, pembangunan saluran drainase sepanjang 1,15 km dan pekerjaan struktur overpass.

Seksi 3
Pada Seksi 3 sepanjang 29 km dari Kota Baru/Itera-Gunung Sugih 1/Metro, lahan yang sudah terbebas mencapai 5,025 km dari Gunung Sugih 1/Metro hingga KM 103+375.

Realisasi pekerjaan fisik jalan telah mencapai 4,46% yang terdiri dari pembersihan lahan sepanjang 4,8 km, pembangunan jembatan utama sebanyak 3 buah dan sejumlah pekerjaan fisik lainnya.

Seksi 4
Pada Seksi 4 sepanjang 31,9 km dari Gunung Sugih 1/Metro-Bandar Jaya/Terbanggi Besar, lahan yang sudah terbebas mencapai 7,466 km dari Gunung Sugih 2-Bandar Jaya/Terbanggi Besar.

Pekerjaan fisik konstruksi sebesar 1% yang meliputi pembersihan lahan sepanjang 4,5 km hingga mobilisasi peralatan.
(dna/wdl/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts