Tax Amnesty Belum Dimulai, Pasar Keuangan Sudah Kebanjiran Dana!

shares |

Tax Amnesty Belum Dimulai, Pasar Keuangan Sudah Kebanjiran Dana

AMIMAZDA.COM - Jakarta -Program pengampunan pajak alias tax amnesty akan diberlakukan secara efektif mulai Senin pekan depan. Berbagai instrumen keuangan juga telah disiapkan pemerintah untuk menampung dana segar.

Deputi Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara menyebutkan bahwa sudah ada sentimen positif dari pasar keuangan Indonesia berkat program tax amnesty. Pasar keuangan dalam negeri pun sudah kebanjiran dana asing.

"Sehingga kemudian investor-investor itu mendahului masuk dulu. Nanti memang pada saat tax amnesty sudah implementasi, kemudian dana-dana tax amnesty masuk pasti memang untuk sementara waktu kelihatan di pasar keuangan," jelas Mirza di Kompleks BI, Jakarta Pusat, Jumat (15/7/2016).

Dana WNI yang kembali ke tanah air tersebut kemudian secara bertahap diprediksi akan masuk ke berbagai instrumen keuangan yang tersedia di perbankan hingga pasar modal.

"Sebelum menjadi suatu permintaan kredit, ekspansi usaha, atau menjadi penerbitan obligasi, atau membeli rights issue perusahaan swasta dan BUMN," tambah Mirza.

Menurut Mirza, tidak menutup kemungkinan bahwa dana tax amnesty akan masuk ke sektor riil. Menurutnya siklus ini wajar terjadi setelah penerapan tax amnesty.

"Hal yang normal masuk dulu ke pasar keuangan baru kelihatan di sektor riil, buat saya itu suatu siklus yang normal saja," ujar Mirza.
(ang/ang/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts